3 Matahari Langka Muncul di Langit Rusia

SarjanaBlogger - Sebuah jepretan camera menunjukkan penampakan fenomena alam langka terjadi di langit Rusia. Masyarakat di kota St Petersburg dibuat takjub oleh tampilan '3 matahari' yang menyinari pagi hari itu.Seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/12/2016), penampakan 3 matahari tersebut merupakan suatu fenomena alam langka.

Menurut seorang ilmuwan terkenal di Petersburg Planetarium, Maria Borukja, penampakan matahari 'palsu' tersebut merupakan akibat dari aktivitas alam yang dikenal dengan sebutan 'sun dogs' atau matahari bayangan.

Perempuan yang juga merupakan seorang mahasisawa PhD jurusan mekanika alam semesta di Universitas Petersburg itu menjelaskan, 3 matahari tersebut merupakan sebuah fenomena atmosfer, terdiri dari titik terang yang muncul di di dua sisi matahari.

Maria juga mengatakan bahwa sebenarnya fenomena alam itu dapat dilihat dari berbagai belahan dunia. Hanya saja jarang sekali terlihat seterang yang tampak di Rusia.

Namun seorang peneliti senior di Institute of Applied Astronomy of Russian Academy of Sciences, Nikolay Zheleznov, mengatakan bahwa penampakan tersebut merupakan 'Halo'. Ia mengatakan fenomena itu adalah jenis 'halo' atau lingkaran cahaya normal.