5 Pasukan Penjaga Perdamaian Terhebat di Dunia

SarjanaBlogger - Dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB kita mengenal apa yang namanya Dewan Keamanan. Lembaga ini mengatur dan melakukan bantuan-bantuan misi kemanusiaan kepada semua negara di dunia. Dalam misi kemanusiaan ini Dewan Keamanan PBB akan mengirim pasukan penjaga perdamaian yang sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang.


Dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB kita mengenal apa yang namanya Dewan Keamanan. Lembaga ini mengatur dan melakukan bantuan-bantuan misi kemanusiaan kepada semua negara di dunia. Dalam misi kemanusiaan ini Dewan Keamanan PBB akan mengirim pasukan penjaga perdamaian yang sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang.

Indonesia
Indonesia adalah salah satu pasukan penjaga perdamaian paling hebat di dunia. Setidaknya sejak tahun 1957, Kontingen Garuda dari Indonesia telah bekerja keras dalam menjaga perdamaian di dunia. Hingga sekarang, jumlah Kontingen Garuda yang telah dikirim oleh Indonesia untuk PBB jumlahnya 25 buah dengan misi yang berbeda-beda. Dalam menjalani misi perdamaian, pasukan Indonesia dikenal sangat hebat dalam menjaga penduduk lokal. Pasukan negeri kita ini juga dikenal sangat ramah dengan penduduk setempat hingga keakraban tak bisa dihindarkan. Daerah-daerah yang pernah didatangi oleh Kontingen Garuda selalu menyisakan kenangan yang tak terlupakan.

India
Pasukan pejaga perdamaian selanjutnya yang dikenal sangat hebat adalah India. Pasukan dari negara ini telah mengikuti setidaknya 43 misi perdamaian di seluruh dunia. Dari jumlah misi yang telah dilakukan, setidaknya India pernah mengirimkan 180.000 pasukan yang sebagian besar terdiri dari prajurit-prajurit bersenjata lengkap. Saat ini pasukan-pasukan dari India sedang menjaga beberapa misi perdamaian di tujuh tempat yang berbeda di dunia. Seperti halnya Indonesia, mereka juga berbaur dengan warga sipil, merasakan budaya setempat dan mengenalkan budaya asli agar bisa lebih dekat dengan penduduk asli yang dinaungi rasa ketakutan akan konflik yang tidak ada hentinya.

Pakistan
Pakistan adalah negara berkembang selanjutnya yang banyak sekali ikut terlibat dalam misi menjaga perdamaian dunia. Pasukan-pasukan dari Pakistan banyak sekali dikirim di daerah-daerah seperti Congo, Namibia, Kuwait, Haiti, Kamboja, Bosnia, Somalia, dan yang terakhir Rwanda di Afrika. Sejak tahun 1960, Pakistan terus aktif dalam mengirim banyak sekali pasukan-pasukan penjaga perdamaian. Sebanyak puluhan ribu pasukan telah disebar untuk meredakan daerah-daerah yang mengalami konflik dan juga perang yang mematikan. Terhitung hingga tahun 2007, setidaknya dada lebih dari 10.000 pasukan milik Pakistan yang aktif di bawah payung Dewan Keamanan PBB.

Nepal
Nepal juga merupakan negara yang kerap mengirim banyak sekali pasukan perdamaian untuk misi-misi PBB. Pasukan dari Nepal biasanya dikirim untuk misi-misi di kawasan Afrika seperti Sudan dan negara di kawasan Timur Tengah seperti Lebanon dan juga Irak. Hingga tahun 2015, jumlah pasukan perdamaian dari Nepal ada 5.300 orang. Dalam misi-misi perdamaian di daerah rawan seperti Sudan, pasukan perdamaian dari Nepal bekerja ekstra keras untuk menghalau serangan. Dalam beberapa waktu, pasukan perdamaian ini juga meninggal dunia kerena mendapatkan serangan dari pihak separatis.
Tiongkok 
Tiongkok sebenarnya merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, negeri ini mulai ikut bergabung di berbagai misi menjaga perdamaian dunia yang sebelumnya hanya diikuti oleh negara-negara berkembang. Presiden Tiongkok, Xi Jinping berjanji akan mengirimkan banyak pasukan ke misi-misi besar perdamaian di seluruh dunia.

Saat ini Tiongkok telah mengirim lebih dari 3.000 pasukan untuk misi-misi di kawasan Afrika. Penambahan pasukan akan terus dilakukan hingga akhirnya berjumlah lebih dari 8.000 pasukan seperti yang telah dijanjikan oleh Xi Jinping.