7 Fakta Kanada, Negara Besar Yang Minim Pemberitaan

SarjanaBlogger - Seperti kita tahu, di Benua Amerika, ada 2 negara besar yang isinya bukan orang asli Amerika, melainkan adalah imigran asal Eropa yang bermukim di Benua Amerika selama bertahun-tahun hingga membentuk negara sendiri. 2 negara tersebut adalah Amerika Serikat dan Kanada.

Kita tentu sangat familiar dengan Amerika Serikat. Namun, bagaimana dengan negara tetangganya yang juga memiliki wilayah sangat luas, yakni Kanada? Sepertinya, sangat sedikit yang kita tahu tentang negara besar yang satu ini.

Berbeda dengan negara besar lain seperti Amerika Serikat, Rusia, Cina, India, atau Australia yang cukup kita kenal lewat pemberitaan di media maupun pembelajaran di sekolah, negara Kanada ini memang adem ayem saja, tidak banyak pemberitaan tentang negara tersebut di media massa. Di sekolah pun, tak banyak yang kita pelajari tentang Kanada.

Mungkin sekarang saatnya bagi kita untuk mengenal lebih jauh negara yang disebut-sebut sebagai kembaran Amerika Serikat ini. Berikut beberapa fakta tentang Kanada.

1.Dulu, Kanada dan Amerika Serikat Adalah Satu
 Ekspansi bangsa Eropa (Skandinavia, Inggris, dan Perancis) ke Benua Amerika terjadi pada abad pertengahan. Pada saat itu, mereka mendiami seluruh wilayah yang hari ini kita kenal sebagai wilayah Kanada dan Amerika Serikat. Pada saat itu, Kanada dan Amerika Serikat adalah satu pemerintahan di bawah kolonial Inggris. Walau sebenarnya beberapa wilayah Kanada memang ada di bawah pemerintahan kolonial Perancis.

2 .Kenapa Kanada dan Amerika Serikat Berpisah?
Menjelang abad 20, seperti kita tahu terjadi Revolusi Amerika yang kemudian melahirkan negara Amerika Serikat yang merdeka dari kolonial Inggris. Namun pertanyaannya, kenapa yang merdeka hanya separuh selatan wilayah kolonial Inggris saja? Kenapa separuh utara yang hari ini kita kenal sebagai wilayah Kanada tidak ikut merdeka dan bergabung dengan Amerika Serikat? Jawabannya cukup panjang, namun pada intinya, tidak terjadi kesepahaman antara pejuang Kanada dan pejuang Amerika Serikat, sehingga dua visi yang berbeda itu pun melahirkan dua negara yang berbeda.

3. Bahasa Perancis dan Inggris Sebagai Bahasa Nasional
Berbeda dengan Amerika Serikat yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, di Kanada justru bahasa Perancis sangat banyak digunakan. Di provinsi terluas Kanada yakni Quebec dan juga Ontario, bahasa Perancis menjadi bahasa utama, sementara wilayah lain menggunakan bahasa Inggris.

4. Ibu Kota Kanada, Toronto atau Montreal
 Toronto dan Montreal adalah kota yang cukup populer di luar Kanada, walau sebagian orang mengira kota tersebut berlokasi di Amerika Serikat. Toronto adalah kota terbesar di Kanada yang berlokasi di provinsi Ontario, sementara Montreal adalah kota terbesar kedua di Kanada yang berlokasi di provinsi Quebec. Namun mana yang menjadi ibu kota Kanada? Toronto atau Montreal? Jawabannya, bukan keduanya. Ibu Kota Kanada adalah Ottawa.

5. Justin Bieber Adalah Penyanyi Kanada, Bukan Amerika
Banyak sekali artis Kanada yang mendunia namun justru dikenal sebagai artis Amerika, salah satunya Justin Bieber. Penyanyi pop asal Kanada ini sering disebut sebagai penyanyi asal Amerika, padahal sebenarnya ia adalah 100% orang Kanada. Selain Bieber, ada pula Celine Dion, Avril Lavigne, Drake, dan artis Kanada lainnya yang sering dikira berasal dari Amerika Serikat.

6. Kanada Lebih Maju Dari Amerika Serikat
Memang benar bahwa Amerika Serikat adalah tempat lahirnya banyak pengusaha, seniman, dan ilmuwan berpengaruh di dunia. Tapi di saat yang sama, Amerika juga menghadapi banyak masalah sosial ekonomi yang cukup parah. Kemiskinan dan kriminalitas di Amerika adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Pembunuhan, bunuh diri, narkoba, perdagangan manusia, rasisme, polusi, pengangguran, kemiskinan, begitu merajalela di sudut-sudut kumuh kota-kota besar di Amerika Serikat. Berdasarkan data USN yang mengurutkan 60 negara termaju di dunia berdasarkan GDP, GPC, PPP, dan populasi, Jerman berada di urutan pertama, Kanada di urutan kedua, dan Inggris di urutan ketiga.

7. Banyak Orang Amerika Serikat Ingin Pindah ke Kanada
Sejak lama, banyak orang Amerika Serikat yang ingin pindah ke Kanada untuk mencari kehidupan yang lebih tenteram. Apalagi setelah Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, semakin banyak orang dan semakin serius mereka untuk benar-benar pindah ke Kanada. Kata kunci "Bagaimana Cara Menjadi Warga Kanada" cukup tinggi dicari oleh warga Amerika Serikat melalui mesin pencari Google.