Andorra, Negeri Paling Aman di Dunia


SarjanaBlogger - Dari banyaknya negara di dunia, nama Andorra bisa dibilang sebagai salah satu yang paling jarang didengar. Ya, faktanya memang banyak lho orang-orang yang tak tahu akan negeri ini. Padahal kalau dilihat dari eksistensinya, Andorra itu negara nomor 14 tertua di dunia. Ya, Andorra adalah sebuah negara mungil yang ada di Eropa, tepatnya berbatasan dengan Perancis dan Spanyol.

Tentang Andorra, negara satu ini memang unik luar biasa. Tak hanya karena luasnya yang sangat mungil atau mungkin umurnya, tapi juga hal-hal menarik lainnya. Misalnya adalah tentang keamanan. Tahukah kamu kalau negara satu ini adalah yang paling aman di dunia? Ya, Andorra selama bertahun-tahun menempati daftar negara paling secure di dunia. Padahal nih, negara satu ini nggak punya militer lho. Ajaib ya.

Nah, tentu saja tidak hanya itu yang jadi keunikan Andorra. Masih ada beberapa lainnya yang mungkin akan membuatmu terkejut. Dan berikut adalah fakta-fakta unik Andorra selengkapnya.


Andorra sering disebut-sebut sebagai destinasi yang tepat untuk dikunjungi ketika Perang Dunia III pecah. Alasannya tak lain karena negara satu ini memang aman luar biasa. Ibaratnya seperti sebuah daerah dengan tembok tinggi menjulang yang mencegahnya dari segala hal.

Alasan kenapa Andorra sangat aman bukan karena militer yang begitu kuat atau semacamnya, tapi, lebih karena sikap mereka yang netral. Ya, hal ini ternyata membuat Andorra tak pernah tersentuh intervensi negara-negara asing selama ratusan tahun. Sikap tidak memihak yang mereka lakukan pun tak memunculkan konflik dalam negeri sendiri. Percaya tidak percaya, tapi di Andorra sudah tak pernah terjadi konflik sejak seribu tahun lalu. Hebat ya.

Kriminal memang negatif, tapi hal ini lumrah dijumpai di tiap negara. Bahkan di Meksiko atau Venezuela kejahatan sangat mudah terjadi, istilahnya segampang orang bersin. Nah, ketika di negara-negara lain kriminal jadi hal lumrah, di Andorra tidak demikian. Ya, menemui aksi kriminal sama seperti mencari alien di sini. Sangat susah.

Selama bertahun-tahun Andorra begitu sepi kejahatan. Bahkan menurut data yang ada di sini hampir nol persen lho pertumbuhan angka kriminalitasnya. Makanya, negara satu ini begitu populer di kalangan turis karena sangat jarang terjadi aksi kriminal.


Dengan nuansa yang menyenangkan serta kondisi aman luar dalam, maka apalagi yang diharapkan oleh orang-orang Andorra? Ya, bisa dibilang tak ada. Mereka benar-benar menikmati hidup yang sebenar-benarnya. Makanya, kemudian hal tersebut berpengaruh kepada life expectancy alias harapan hidup yang sangat tinggi.

Menurut data yang ada, rata-rata umur orang Andorra itu cukup panjang. Kurang lebih sekitar 82 tahun. Hal ini membuat mereka masuk ke dalam daftar negara dengan harapan hidup paling tinggi. Bagaimana jika dibandingkan negara kita? Hmm, selisihnya begitu jauh lho ternyata. Harapan hidup di Indonesia adalah 70 tahun.


Meskipun bukan negara terkaya, namun kehidupan di Andorra ini begitu makmur. Kalau dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah ‘gemah ripah loh jenawi’. Alasannya kenapa negara ini berkecukupan tak lain karena sektor pariwisata mereka yang luar biasa. Negara ini penduduknya hanya sekitar 85 ribu saja, tapi dikunjungi lebih dari 10 juta orang per tahun.

Pemerintah Andorra memang sangat serius di bidang pariwisata. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tempat-tempat menyenangkan yang didirikan. Mulai dari hotel, resort, tempat ski dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pemerintah sana juga menghapus segala pajak. Sehingga negara ini juga jadi surga belanja yang luar biasa.