Di Venezuela, Harus Nabung 166 Tahun Baru Bisa Beli Rumah


SarjanaBlogger - Carlos Alberto Gonzales, Presiden Real Estate Camber of Venezuela (CIV) memberikan pertanyaan mengejutkan. Menurut dia, tingkat inflasi di Venezuela begitu parah sampai-sampai memengaruhi sektor publik dan swasta dari pasar real estate.

Bagian yang paling mengejutkan dari pernyataannya adalah bahwa rata-rata warga Venezuela harus menabung selama 166 tahun untuk membeli rumah dengan harga di pasaran saat ini. Itu pun, bila warga telah bekerja penuh waktu dengan upah minimum di negara tersebut.

Melansir dari Venezuela.net, Sabtu (22/10/2016), saat ini, upah minimum di Venezuela sekitar 7.421 bolivar per bulan atau sekitar 37 dolar Amerika Serikat. Sayangnya, rumah baru bukan satu-satunya yang mesti dipikirkan rakyat Venezuela.

Dengan perbandingan yang sama, mereka mesti menabung selama tujuh bulan untuk membeli sepatu baru. Membeli ponsel pintar butuh waktu enam tahun menabung. Dan untuk membeli mobil baru, memakan waktu 50 tahun untuk melunasinya.

Dibandingkan dengan situasi keuangan warga Amerika kebanyakan, nasib Venezuela tampaknya lebih ekstrem. Meski 27% orang Amerika sama sekali tidak memiliki tabungan dan 62 % mengaku mereka kesulitan membayar untuk pengeluaran tak terduga, setidaknya mayoritas orang Amerika bisa membeli sepasang sepatu tanpa mesti menabung.