Intip Keunikan Sungai-sungai Indah di Indonesia

SarjanaBlogger - Sungai-sungai indah dapat ditemukan dimana-mana, juga di Indonesia. Namun, beberapa sungai di Indonesia ini selain indah, juga memiliki keunikannya tersendiri, baik itu yang tercipta oleh alam maupun manusia. Apa saja ya nama-nama sungainya?

 1. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur
 Siapa tak kenal sungai yang satu ini, sungai dengan panjang lebih dari 900 km ini tidak hanya menjadi salah satu sungai terindah di Indonesia, namun juga memiliki keunikannya sendiri yang mungkin tidak ditemukan di sungai mana pun di Indonesia, yaitu Pesut Mahakam. 

 Pada musim-musim tertentu, daerah aliran sungai Mahakam akan dikunjungi spesies lumba-lumba yang disebut Pesut Mahakam. Lumba-lumba air tawar ini sering dijumpai pada pagi hari serta sore hari.

 2. Sungai Ayung, Bali
 Kalau berkunjung ke Bali, jangan cuma mentok di pantai-pantainya yang terkenal. Sebab Bali ternyata mempunyai keindahan alam lain yang jarang diekspos. Di Ubud, Gianyar, ada sebuah sungai yang indah bernama Sungai Ayung.

 Sungai yang satu ini telah lama memukau wisatawan dengan keindahannya. Bahkan ada sebuah resor di dekat sungai tersebut yang menawarkan spa di pinggir sungai. Uniknya, pengunjung yang ingin menikmati spa akan ditidurkan di atas batu kali yang besar pinggir sungai. Selanjutnya pengunjung akan dipijat diiringi kicauan burung-burung.

 3. Sungai Cijulang
sungai indah ini diapit oleh dua bukit dan rerimbunan pepohonan, sehingga ketika menyusuri sungai, kita bisa menikmati pemandangan dinding yang mengapit sungai ini. Airnya berwarna hijau jernih. Kita bisa berenang untuk menikmati keindahan sungai ini secara langsung. Kita juga bisa naik perahu jika ingin bersantai menikmati pemandangan sungainya.

 4. Sungai Cikaso, Sukabumi
Banyak orang telah mengetahui tentang Curug Cikaso yang pemandangan indahnya sudah terkenal. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar disebabkan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso.

 Nah, Sungai Cikaso inilah yang memiliki keunikan yang jarang diperhatikan banyak orang. Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu bahwa di dunia ini terdapat sungai dua warna yang berbeda. Di Indonesia sendiri terdapat juga sungai dengan 2 warna air yang berbeda, dan sungai itu adalah Sungai Cikaso.

 5. Sungai Kalibiru, Raja Ampat, Papua
 Kalibiru diberi nama seperti itu disebabkan oleh warna airnya yang biru jernih. Tentu saja warna biru ini sangat alami, bukan karena disebabkan oleh pencemaran limbah. Saking jernihnya air di sungai indah ini, kita bisa melihat hingga ke dasar sungainya. Bebatuan besar yang ada di bagian dasar pun dapat terlihat dengan jelas menggunakan mata telanjang.