Merasa Kurang Kreatif? Terapkan 5 Hal Sederhana Ini


SarjanaBlogger - Banyak orang merasa bahwa kreativitas hanya diberikan pada orang-orang tertentu yang beruntung. Padahal kenyataannya, manusia terlahir sebagai orang kreatif di bidang masing-masing. Tapi terkadang kebuntuan dalam berpikir kreatif menjadi sebuah halangan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Nah, bagaimana cara mengatasinya? Cukup lakukan 5 hal sederhana ini untuk membangkitkan kreatifitas Anda seperti dilansir dari situs Lifehacks, Selasa (11/10/2016) berikut.

Catat semua perasaan dan pemikiran Anda
Banyak orang bilang hal ini sepele, padahal menyisihkan 15 menit sehari untuk mencatat berbagai pemikiran Anda dapat melahirkan berbagai ide baru. Hal ini bisa membantu untuk fokus dalam pekerjaan karena bisa jadi ada 5 hal yang Anda pikirkan dalam satu waktu. Jangan ragu juga untuk menuliskan hal sepele seperti warna sepatu, hingga cerahnya pemandangan di luar jendela kantor.

Buat daftar pemikiran yang sering muncul dalam catatan Anda
Mungkin terdengar sedikit memalukan karena membaca seluruh catatan aneh yang sudah ditulis setiap harinya. Namun jangan khawatir, catatan ini sangat baik untuk membantu mengenal diri sendiri, bahkan hobi yang sebelumnya belum Anda dimiliki. Bisa saja tulisan tentang cuaca yang cerah menjadi hal yang mendominasi catatan Anda. Jadi jangan lupa catat dan kelompokkan.

Lakukan aktifitas yang sering Anda pikirkan 15 menit sehari
Rasakan pengalaman baru dengan berbagai pikiran yang sudah dicurahkan dalam catatan Anda. Tulisan pendek seperti “Mau makan yang pedas-pedas” bisa membawa Anda ke Rumah Makan Padang yang terdekat dari kantor. Atau kalimat “Hari ini sedikit mendung” mendorong Anda menjelajahi kota sambil memotret langit dari berbagai tempat. Jadi merasakan pemikiran, berbagai kekuatan dan kelemahan dari diri menjadi kunci utama disini.

Buat proyek kecil dari hobi Anda setiap sore
Jangan dulu pikirkan membuat proyek besar seperti pameran foto tunggal untuk karya-karya Anda. Cukup aktivitas kecil seperti unggah foto pemandangan langit yang disukai atau membuat tulisan blog mengenai petualangan Anda menjelajahi rasa makanan pedas yang ada di sekitar rumah. Hal ini akan membangunkan potensi baru dalam melihat berbagai hal.

Tunjukkan karya Anda dan inspirasi orang lain untuk melakukan mimpinya
Mungkin saat membaca tulisan ini, Anda akan terkejut karena waktu kerja pasti akan memakan habis waktu untuk berkreativitas. Namun jangan berkecil hati, cukup rencanakan hal kecil yang bisa mewujudkan sebuah pikiran anda yang sebelumnya ditulis dalam catatan. Misal, memasak sebuah makanan pedas sendiri dapat membuktikan bahwa Anda bisa mewujudkan mimpi anda sebagai koki dahulunya. Atau menargetkan bisa mendapatkan 150 likes dari foto pemandangan Anda yang sudah diunggah di media sosial bisa menjadi pencapaian kecil yang tak terlupakan.