Yuk Intip Riset Tes Tingkat Kesulitan Bahasa Asing

SarjanaBlogger - Di sini saya akan sharing mengenai tingkat kesulitan bahasa asing berdasarkan waktu yang diperlukan untuk menguasainya. Tapi karena penelitian ini dari orang bule, jadi research ini diperuntukan bagi yang sudah menguasai bahasa Inggris. 

Pastilah kita sedikit lebih sudah bisa bahasa Inggris, kan dari SD udah diajarin! Yuk langsung cekidots!

Bahasa yang masuk kategori ini adalah bahasa-bahasa yang berasal dari Eropa Timur atau masuk dalam rumpun bahasa Jermani dengan ciri-ciri menggunakan huruf latin. Biasanya bila Agan menguasai satu bahasa dari rumpun ini, akan mudah mempelajari bahasa lainnya. 

Kenyataan yang sering terjadi adalah orang Spanyol mengerti secara pasif bahasa Italia, tetapi orang Italia tidak mengerti sama sekali bahasa Spanyol.

Tingkat Kesulitan Mudah

Tingkat Kesulitan Menengah

Bahasa yang termasuk kategori medium adalah bahasa Eropa Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pasti inget kan Agan huruf-huruf ngejelimet bahasa Thai atau India? Nah, hal itu yang membuat bahasa ini agak menyulitkan. Di tambah, biasanya bahasa ini hanya dikuasai oleh satu negara dan tidak menyebar di negara lain. 

Tingkat Kesulitan Tinggi

Nah, untuk bahasa yang tersulit di dunia adalah bahasa-bahasa jadul seperti Arab, Mandarin, Korea dan Jepang. Kenapa tuh demikian? Karena mereka memang bikin aturan sendiri yang biasanya tidak terasimilasi dengan bahasa lain. Malah banyak kosakata dari bahasa-bahasa ini yang digunakan di bahasa lain. Selain itu, huruf bahasa ini kan bukan latin, jadi need extra effort belajarnya. Tapi aneh yah, keempat bahasa ini malah terkenal banget di Indonesia!