3 Cara Tepat Sehatkan Jantung


Ceriwis.info - Jantung yang sehat berarti membantu Anda untuk mendapatkan umur yang panjang. Kasus serangan jantung sudah cukup banyak memakan korban jiwa. Bahkan, serangan jantung menjadi semacam tren “penyakit mematikan” di zaman modern ini, selain stroke, kanker, dan diabetes.

Ada banyak hal yang menjadi faktor pencetus masalah jantung. Namun, dikutip dari She Knows, Anda bisa mencegah masalah jantung dengan empat hal berikut:

Jauhi minuman beralkohol. Alkohol akan meningkatkan tekanan darah penyebab serangan jantung dan stroke. Selian itu, trigliserida lebih mudah meningkat dengan bantuan alkohol. Jantung juga gampang berdebar, mengalami obesitas, menjadi alkoholik, memunculkan perasaan depresi, dan menyebabkan kecelakaan. Tidak ada kebaikan dalam minuman beralkohol.

Berjalan kaki. Inilah olahraga paling gampang dalam mencegah penyakit jantung. Cukup lakukan 30 menit per hari maka jantung lebih kuat untuk bekerja. Tekanan darah dan kolesterol pun ikut berkurang. Selain itu, jalan kaki mencegah Anda dari obesitas dan osteoporosis.

Hindari makanan yang kaya lemak trans. Lemak ini biasa terdapat pada makanan yang digoreng. Lemak ini berkontribusi pada penumpukan kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah. Risiko yang bakal Anda hadapi saat berlebihan makan lemak trans adalah diabetes, jantung, hingga stroke.

Selain itu, perlu bagi banyak orang untuk belajar CPR. Dalam kasus seseorang kena serangan jantung, metode CPR membantu menyelamatkan 75-80 persen pasien sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. CPR penting untuk dikuasai setiap orang agar bisa membantu menyelamatkan nyawa orang-orang di dekatnya yang mungkin tiba-tiba mendapat serangan jantung. Anda bisa mempelajari teknik CPR dari ahli kesehatan.