Alpukat Dapat Melawan Penyakit Radikal Bebas


Ceriwis.info - Lemak yang dikandung alpukat, terbukti dalam sebuah tes dapat memerangi radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul berbahaya yang bertanggung jawab terhadap berbagai hal mulai dari penuaan, sampai ke penyakit jantung dan kanker.

Ini terjadi dalam sel-sel mitokondria, sebuah bagian dalam sel tubuh kita yang memproduksi energi.
Jika antioksidan lain yang dikandung sayur dan buah seperti wortel dan tomat tidak dapat masuk ke dalam sel mitokondria sebab terhalang oleh radikal bebas, maka lemak dalam alpukat dapat.

Dikutip dari Dailymail, peneliti bernama Christian Cortes-Rojo mengatakan, “Masalahnya adalah bahwa zat antioksidan dari jenis makanan lain tidak bisa masuk mitokondria. Jadi radikal bebas terus merusak mitokondria, menyebabkan produksi energi agar sel bisa bekerja habis dan sel runtuh dan mati

Radikal bebas selama ini menyebarkan malapetaka di dalam tubuh, dengan memicu reaksi berantai yang merusak membran sel, protein dan bahkan DNA. Efek yang dihasilkan lemak dalam alpukat, juga ditemukan dalam minyak zaitun sebab komposisi mereka hampir sama.

Sebelumnya, penelitian terhadap manfaat alpukat diadakan di Meksiko, negara penghasil alpukat terbesar di dunia. Hasilnya, alpukat juga mampu mengatasi kolesterol tinggi, dan diabetes.