Banyak Komsumsi Vitamin D Bikin Sperma “Ngebut”


Ceriwis.info - Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, disebutkan, pemberian vitamin D yang tepat dalam tubuh mampu meningkatkan kecepatan renang sperma. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 300 pria sehat.

Para peneliti menemukan, pria yang kekurangan vitamin D (kurang lebih 25 nanomoles per liter dalam darah), memiliki kecepatan seperma lebih lambat daripada pria yang memiliki vitamin D lebih banyak (75 nanamoles per liter darah). “Vitamin D yang diaktifkan, mampu menginduksi motilitas sperma,” ujar Martin Blomberg Jensen, dari Departemen Pertumbuhan dan Reproduksi di Copenhagen University Hospital, Denmark, sebagaimana dikutip Myhealtnewsdaily.

Meski bermanfaat sebagai pengobatan kualitas sperma, namun bukan berarti meningkatnya gerak sperma juga meningkatkan kesuburannya. “Kesuburan pria tergantung pada alasan terjadinya tingkat kesuburan rendah. Seperti rendahnya jumlah sperma, nomor motilitas, atau morfologi,” tandas Jensen. Namun, “Kecepatan sperma adalah parameter penting. Karena, proporsi gerak sperma yang positif, terkait dengan prediksi kemungkinan terjadi kehamilan,” tambahnya.