Berjemur Dipagi Hari Untuk Kuatkan Imunitas


Ceriwis.info - Kita kadang mengabaikan pentingnya sinar matahari bagi kesehatan . Bahkan kesannya karena takut panas atau kulitnya menghitam, Kita malah menghindari terpaan sinar mentari pagi.

Sebuah penelitian di Georgetown University kembali menegaskan bahwa orang dewasa pun butuh berjemur di bawah sinar matahari, bukan hanya anak-anak yang harus berjemur di pagi hari. Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah memperbaiki sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Pancaran sinar mentari pagi kaya akan vitamin D yang juga bisa memberi energi untuk salah satu sel dalam tubuh bernama sel T. Sel T ini berfungsi untuk melawan infeksi dalam tubuh, juga menjadi salah satu yang menunjang dalam memperkuat sistem imun.

Dilansir laman Times of India, hasil temuan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports tersebut menyebutkan bahwa sinar matahari pagi dengan paparan cahaya biru (blue light) dapat menembus lapisan kulit atau dermis dan mencapai sel T.

Dampaknya jika sinar blue light itu mencapai sel T, maka ia akan bergerak lebih aktif untuk mendekati lokasi dimana terjadi infeksi dalam tubuh dan mengatur responnya.

Pergerakan sel T yang lebih aktif itu juga membantu peningkatan imunitas, sehingga kekebalan tubuh manusia lebih kuat dalam menghadapi infeksi.