Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Lebih Bisa Menjaga Keragaman Di DKI


Ceriwis.info - Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dianggap terpercaya mampu menjaga keberagaman Jakarta dibanding calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan.

Paling tidak kesimpulan tersebut hadir dari hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 5-11 Januari lalu, dengan melibatkan 880 responden.

"Hanya 15,20 persen responden yang meyakini Ahok (Basuki-red) mampu menjaga keberagaman Jakarta. Sementara Agus mendapatkan 30,50 persen dan Anies 24,50 persen. Responden yang tidak menjawab 29,80 persen," ujar Ardian Sopa, peneliti LSI Denny JA saat merilis hasil survei di Jakarta, Selasa (24/1).

Menurut Ardian, pasangan petahana Ahok-Djarot Saiful Hidayat paling tidak diuntungkan dari mengemukanya sentimen agama dalam Pilkada DKI. Paling tidak 61,1 persen responden berpandangan, pro-kontra kasus Ahok selama empat bulan terakhir, sangat mengganggu suasana Jakarta yang beragam.

Survei dilakukan tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error lebih kurang 3,4 persen. Survei ini kata Ardian, dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA dan dilengkapi dengan kaulitatif riset, media analisis dan indepth interview.