Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan


Ceriwis.info - Apakah Anda seseorang yang perlu duduk berjam-jam dalam menjalani rutinitas? Saatnya waspada untuk kebaikan kesehatan Anda. Duduk menyebabkan penurunan enzim lipase lipoprotein. Enzim ini bertanggung jawab untuk mengambil lemak dari darah dan mengubahnya sebagai energi. Duduk terlalu lama menjadi aktivitas buruk bagi Anda yang sedang diet.

Aktivitas “tidak banyak bergerak” ini membuat kadar trigliserida dalam tubuh turut melonjak. “Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol baik,” kata Len Kravitz, Ph.D, seorang pakar olahraga. Berolahraga bisa mencegah hal itu.

Menurut Elin Ekblom-Bak dari Swedish School of Sport dan Health Sciences, setelah duduk terus-menerus selama empat jam, biasanya tubuh akan mengirimkan sinyal yang berbahaya.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 17 ribu warga Kanada yang berusia sekitar 12 tahun, menyimpulkan, kebiasaan duduk lama bisa berdampak pada kematian. Baik seseorang rajin berolahraga atau tidak, menurut penelitian itu, orang yang kebanyakan duduk lama memiliki resiko kematian tinggi.

“Kami belum punya bukti yang cukup untuk mengungkapkan berapa banyak waktu untuk duduk yang bisa berbahaya bagi tubuh,” ujar Peter Katzmarzyk dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan aktivitas lain yang berpindah-pindah dan tidak kebanyakan duduk.