Ibu Hamil Sebaiknya Tak Mengkonsumsi Kacang


Ceriwis.info - Masa-masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi pertumbuhan janin, sehingga ibu hamil sebaiknya menjaga asupan gizi dan makanan yang ia konsumsi. Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari, dan beberapa nutrisi disarankan untuk diperbanyak.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin agar tetap sempurna. Juga meminimalkan kemungkinan bayi lahir cacat dan resiko penyakit yang dapat timbul karena efek makanan yang dikonsumsi berlebih tersebut.

Sebuah hasil penelitian yang dikutip dari situs bbc.co.uk mengungkap bahwa konsumsi kacang tanah pada saat hamil akan membuat resiko penyakit asma meningkat.

Peningkatannya bahkan mencapai hingga 50% karena kacang adalah bahan makanan potensial alergen atau bahan makanan yang menimbulkan anaphylactic shock.

Ini adalah jenis alergi yang membuat tekanan darah menurun. Selain konsumsi kacang tanah, ilmuwan Belanda pun menemukan bahwa konsumsi buah-buahan berlebih saat hamil akan membuat janin berpotensi menderita penyakit asma.

Para ilmuwan tersebut meneliti seputar nutrisi yang baik bagi pertumbuhan janin kala ibu sedang hamil. Tak dijelaskan apakah hal tersebut berlaku saat kehamilan awal atau akhir. Atau malah sepanjang kehamilan selama 9 bulan. Yang pasti segala sesuatu yang berlebihan memang akan menimbulkan masalah dikemudian hari.