Inilah isi Tuntutan Demo 121 Kepada Presiden Jokowi


Ceriwis.info - Tergabung dalam Aksi Bela Rakyat 121, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi unjuk rasa. Aksi demonstrasi ini sendiri ditunjukan untuk memprotes beberapa kebijakan pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla.

Dari pantauan Aktual, para peserta aksi dari BEM SI sudah berkumpul di depan lapangan Monas, Jakarta, Kamis (12/1/2017). Rencananya para peserta aksi akan melakukan long march dari Patung Kuda hingga Istana Negara.

Aksi ini sendiri merupakan respon mahasiswa terhadap permasalahan publik. Dalam aksi ini mahasiswa sendiri memiliki beberapa tuntutan.

1. Mencabut PP No.60 tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak atau PNBP yang berlaku pada kepolisian negara Republik Indonesia.

2. Menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikanya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA.

3. kembalikan mekanisme penetapam harga BBM kepada pemerintah dan menjamin terpenuhinya kebutuhan BBM bersubsidi di seluruh SPBU.

Aksi ini sendiri di klaim akan digelar serentak di 19 titik di wilayah Indonesia, antara lain : Aceh, Padang, Riau, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Mataram, Gorontalo, Merauke.

Aksi ini sendiri berakibat dari banyaknya kebijakan pemerintah yang semakin mencekik rakyat. Mulai dari naiknya harga tarif dasar listrik, STNK, dan BPKB kendaraan bermotor, serta bahan bakar minyak (BBM)