kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan zat antioksidan


Ceriwis.info - Biasanya kacang hanya dijadikan cemilan atau makanan ringan yang dianggap tidak mengenyangkan. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa kacang bisa mencegah rasa lapar sekaligus mengurangi lemak di perut.

Menurut para peneliti dari Universitas Barcelona, 1 ons kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan hazelnut, dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh kita. Dari penelitian ini pula diketahui adanya hubungan erat antara kacang-kacangan dan serotonin. Seperti kita ketahui, serotonin adalah zat atau hormon yang dapat meningkatkan rasa bahagia pada seseorang maupun mengontrol nafsu makan, khususnya mengurangi rasa lapar.

Dipimpin oleh Cristina Andris-Lacueva, tim peneliti yang menemukan manfaat besar dari kacang-kacangan ini juga berharap bahwa penemuan mereka bisa membantu para pasien yang menderita sindrom metabolik, di mana gejalanya berupa kelebihan lemak di bagian perut, gula darah tinggi, dan juga tekanan darah tinggi.

Studi ilmiah ini sendiri melibatkan puluhan pasien penderita MetS atau metabolic syndrome. Selama 12 minggu, 22 orang diberikan kacang-kacangan dan 20 orang tidak diberi buah tersebut. Setelah itu kedua kelompok ini dibandingkan dengan cara menguji urin mereka. Dari pengujian itulah diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin, memiliki kadar serotonin yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mengkonsumsi kacang.

Menurut para ahli, sekitar 90% serotonin berada di usus, sementara sisanya ditemukan di sistem saraf untuk mengatur mood atau suasana hati dan juga nafsu makan seseorang.

Sebagaimana dikutip CNN Asia News, peneliti juga menjelaskan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat mengurangi berat badan, mengurangi resiko diabetes tipe 2, dan juga menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan zat antioksidan.