Konsumsi Buah Sebelum Makan Lebih Dapat Manfaatnya

 

Ceriwis.info - Mengkonsumsi buah memang menyehatkan, namun memperhatikan waktu terbaik sebelum memakan buah-buahan agar hasilnya maksimal, tentu dianjurkan. Kebiasaan dalam masyarakat adalah, buah dijadikan pencuci mulut sehingga kerap disantap seusai makan besar.

Padahal kebiasaan mengkonsumsi buah seusai makan dapat menimbulkan masalah pada pencernaan Anda. Dilansir oleh situs Boldsky, waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah 20-30 menit sebelum makan.

Alasannya, karena buah mengandung glukosa atau gula yang membutuhkan waktu untuk dipecahkan dan dicerna. Jika Anda mengkonsumsi buah tanpa waktu jeda usai makan besar, maka zat gula atau glukosa yang dikandung buah membuat proses pencernaan tak sempurna.

Selain itu, kandungan nutrisi berharga lain dari buah dan makanan Anda tak maksimal dicerna dan menjadi terbuang percuma.

Selain itu, waktu terbaik bagi Anda untuk mengkonsumsi buah-buahan adalah pagi hari 20-30 menit sebelum sarapan. Alasannya, gula dalam buah yang Anda konsumsi akan mengisi kadar gula darah yang sempat turun setelah Anda tidur semalaman.

Ini menyehatkan, sebab gula dalam buah aman dikonsumsi, tentu dalam jumlah yang dianjurkan. Nutrisi pada buah pun akan maksimal diserap tubuh, sebab Anda belum mengkonsumsi makanan lain.

Konsumsi buah segar lebih dianjurkan dibanding buah kalengan, buah kering, atau buah yang telah diolah lainnya. Kandungan gula tambahan pada buah olahan sangat tinggi, dan tentu tak sehat bagi tubuh.