Lawan Jerawat Dengan 6 Langkah


Selain faktor hormon, jerawat yang timbul juga disebabkan oleh faktor stres, gen, cuaca panas, kulit berminyak, obat-obatan tertentu, dan bakteri. Pada umumnya, wanita lebih cenderung berjerawat pada periode masing-masing.

Mengapa bisa timbul jerawat? Munculnya jerawat terjadi pada saat bakteri, sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak menumpuk jadi satu di dalam pori-pori Anda.

Jerawat yang besar merah, bengkak dan sakit apabila disentuh disebut dengan kista. Ini terjadi saat bakteri dan minyak mengendap jauh di dalam pori-pori.

Kasus tersebut adalah yang paling sulit diobati dan dapat dengan mudah meninggalkan bekas. Sebelum hal buruk terjadi, lakukan tindakan mulai sekarang.

1.  Rajin membersihkan wajah
Sebab mencegah jerawat yang benar yaitu membersihkan kulit wajah pada pagi dan malam. Gunakan pembersih jerawat yang lembut dan mengandung AHA / BHA.

2.  Gosokan lembut
Ambil sabun cuci muka yang lembut dan kenakan pada wajah anda. Diamkan kurang lebih 1-2 menit, lalu bilas sampai bersih. Mulailah menggosok lembut wajah anda dengan jari-jari, maka kotoran yang masih menempel dan sel kulit mati akan terangkat.

3.  Tabir Surya
Pakailah pelembab ringan setiap pagi hari, yang megandung tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit wajah terhadap sinar matahari.

4.  Masker jeruk nipis
Selain untuk mengurangi minyak pada wajah, jeruk nipis juga dapat membantu membersihkan jerawat dan bagus untuk nutrisi kulit. Caranya : potong jeruk nipis, lalu usapkan pada seluruh kulit wajah. Diamkan kurang lebih 2 menit, lalu bilas dengan air.

5.  Hindari berganti-ganti obat
Jangan berganti-ganti obat wajah. Karena dapat merusak kulit dan menyebabkan komplikasi. Usahakan teliti dalam memilih produk wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
Bila perlu, konsultasikan pada dokter kulit atau dokter kecantikan.

6.  Masker wajah
Masker wajah merupakan cara yang ampuh untuk mengeringkan noda dan membersihkannya. Gunakan masker dengan bahan khusus yang dapat mengurangi minyak dan peradangan.
Apabila cara ini diterapkan sekali dalam seminggu, maka noda-noda bekas jerawatpun akan kian memudar.