Manfaat Makan Rumput Laut


Ceriwis.info - Mengganti jenis makanan sumber kalori dengan rumput laut merupakan salah satu pola makan yang dimaksudkan mengurangi asupan kalori.

Hasilnya, ternyata manfaat makan pagi dengan rumput laut mengurangi jumlah kalori yang sama dengan jika seseorang lari dengan treadmill selama 1,5 jam.

Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan pada 79 orang pria yang mengalami obesitas dengan konsumsi sarapan pagi berupa sepotong roti isi rumput laut saja.

Dilansir oleh The Thelegraph 23/03/12, jenis rumput laut yang digunakan untuk penelitian tersebut adalah rumput laut utuh, dan bukan yang bubuk.

Rumput laut utuh memiliki kandungan mineral tinggi serta nutrisi alami sebab habitatnya, yaitu laut, juga punya banyak kandungan mineral dan garam.

Sheffield Hallam University, penyelenggara penelitian tersebut, tidak lagi menggunakan garam sebagai perasa, sebab dalam rumput laut telah ada cukup banyak kandungan garam.

Roti isi rumput laut yang dijadikan makan pagi oleh para pria penderita obesitas tersebut membuat mereka lebih cepat kenyang, dan asupan kalori mereka berkurang 179 kalori per hari.

Itu merupakan jumlah kalori yang sama dengan pembakaran 1,5 jam berlari di treadmill, dan signifikan sekali dalam usaha penurunan berat badan.

Fungsi rumput laut pada diet tersebut adalah mengurangi asupan garam, juga membuat perut lebih cepat penuh dan kenyang.

Perasaan kenyang ini membuat peserta penelitian tidak lagi bernafsu memakan hidangan lain dengan jumlah banyak.