Minum Kopi Di Siang Hari Mampu Turunkan Resiko Kanker Kulit


Ceriwis.info - Kita sering membaca banyak artikel tentang Kopi sebagai minuman yang punya efek buruk pada kesehatan. Namun baru-baru ini para ilmuwan menemukan adanya dampak positif dari minuman yang satu ini.

Menurut sebuah penelitian, seorang wanita yang minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari ternyata memiliki resiko 20% lebih rendah terhadap kanker kulit bila dibandingkan dengan mereka yang hanya menghabiskan satu cangkir kopi setiap bulannya. Sedangkan pada pria, meminum kopi dalam jumlah yang sama bisa menurunkan resiko hingga 9% saja terhadap kanker kulit seperti basal cell carcinoma atau BCC (jenis paling umum pada kanker kulit).

Seorang peneliti bernama Fengju Song melakukan studi ilmiah ini berdasarkan dari data yang diambil dari The Nurse’s Health Study yang mengawasi lebih dari 70.000 orang dari Juni 1984 – Juni 2008. Data juga diambil dari The Health Professionals Follow-Up Study yang melibatkan hampir 40.000 partisipan sejak Juni 1986 – Juni 2008.

Dari data tersebut, ditemukan adanya 25.480 kasus kanker kulit yang terdiri dari kasus BCC sebanyak 22.785, karsinoma sel skuamosa sebanyak 1.953 kasus, dan kasus melanosa hanya 741.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa BCC menjadi kanker kulit paling umum yang diderita orang-orang. Penyebabnya bisa karena terlalu lama atau terlalu seringnya kulit berinteraksi dengan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Penggunaan sun bed atau tanning bed yang juga mengandung ultraviolet ikut berperan meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Sebagai minuman berkafein, kopi telah lama diketahui dapat menurunkan resiko terhadap beberapa penyakit seperti kanker payudara, kanker rahim, prostat, maupun kanker usus besar. Kali ini kopi ditengarai dapat menurunkan resiko kanker kulit.

“Studi kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi bisa menjadi pilihan untuk mencegah BCC,” kata Fengju Song seperti dikutip Drs Ma Hong dari News Daily Mail 2017.