Polisi Minta Pendukung Cagub Nonton Debat di Televisi Saja


Ceriwis.info - Wakil Kepolisian Daerah Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Suntana, mengungkapkan pihaknya tidak akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Hotel itu jadi tempat debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Jumat malam nanti.

"Kami semaksimal mungkin tidak akan melakukan pengalihan dikarenakan pada hari Jumat ini jamnya orang bersiap untuk libur dan pulang kantor," kata Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Ia pun meminta agar para pendukung setiap paslon tidak mendatangi wilayah Hotel Bidakara. Sebab, pihak KPU DKI Jakarta membatasi hanya 100 orang massa setiap paslon. "Jadi saya imbau pendukung tidak datang kesana. Kan disiarkan di televisi juga. Dengan tak datang maka lalu lintas juga tidak akan padat," katanya.

Kalau pun memang ada pengalihan arus, kata Suntana, hal itu dilakukan dengan sangat terpaksa. "Karena kita tidak mau mengorbankan kepentingan masyarakat yang lain," katanya.

Lebih lanjut, ia pun menambahkan, pihaknya juga akan menempatkan personel kepolisian di depan Hotel Bidakara. Hal itu untuk mengatur lalu lintas dan memberitahu kepada masyarakat yang melewati Hotel Bidakara ada debat Pilkada DKI disana.

"Itu sudah memberitahu masyarakat akan ada debat. kita punya TMC menyampaikan itu. Nanti juga didepan Hotel Bidakara ada petugas yang akan memberikan imbauan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan," katanya.

Untuk diketahui, debat terbuka pertama akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jumat, 13 Januari 2017, pukul 20.00-22.00 WIB. Tema debat kali ini tentang pembangunan sosial ekonomi untuk Jakarta. Topik tersebut lantas dielaborasi lagi menjadi permasalahan lingkungan hidup, transportasi, pendidikan, keamanan, dan lainnya.

KPU DKI telah memilih panelis atau tim perumus materi debat. Mereka merupakan pakar di bidang masing-masing. Sementara untuk moderator debat, KPU DKI menunjuk Ira Koesno.

Metode debat dilakukan dengan cara moderator bertanya kepada pasangan calon terkait tema-tema itu. Pasangan calon harus menjawabnya. Bukan hanya itu, pasangan calon juga bisa saling bertanya satu sama lain. Dalam menjawab pertanyaan, setiap calon diberikan batasan waktu.