Sarapan dengan Coklat Meningkatkan Ketajaman Otak


Ceriwis.info - Jika bosan sarapan dengan menu nasi atau roti, mungkin bisa mencoba makanan dengan bahan dasar dari cokelat. Makanan ini konon menjadi menu raja lantaran rasanya sangat nikmat. Penggemarnya pun dari anak-anak sampai orang dewasa. Dan, sarapan menggunakan cokelat  juga kaya manfaat bagi tubuh.

Ketajaman otak meningkat. Kandungan dalam coklat mampu memperlancar pasokan darah segar menuju otak dan sebaliknya. Hal ini menjadi salah satu kunci tajamnya kemampuan otak karena aktivitas sarafnya bekerja optimal. 

Ada senyawa antioksidan alami yang disebut flavanol ikut masuk dalam aliran darah saat makan coklat. Nah bahan kimia penyusun flavanol yang bernama oksida nitrit bekerja melemaskan pembuluh darah dan alirannya pun menjadi lancar. Pengaruh oksida nitrit tersebut juga membuat tekanan darah cenderung normal dan seseorang terhindar dari hipertensi.

Menurunkan berat badan. Makan coklat di waktu pagi mampu menekan nafsu makan dan kebiasaan makan yang buruk lain sepanjang hari. Sebuah studi menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan berbasis coklat saat sarapan lebih lama merasa kenyang. 

Pembakaran kalori berlangsung secara bertahap sehingga tidak mudah lemas karena kekurangan pasokan energi.  Dengan begitu berat badan tetap terkontrol dan kesehatan pun tidak dikorbannya seperti halnya orang yang melakukan diet ketat untuk penurunan bobot tubuh.