Seniman Asal Bandung Memecahkan Rekok Dengan Ukiran Patung TerMini


Ceriwis.info - Di Bandung, Jawa Barat, ada seorang perajin yang dapat membuat patung hanya seukuran butiran beras. Hebatnya, patung-patung kecil ini dibuat dengan alat dan bahan yang sederhana tanpa teknologi canggih.

Mang Ujang, seniman asal Cileunyi, Bandung, sejak lama dikenal sebagai seorang seniman ukir. Puluhan tahun, Ujang berkarya secara otodidak.

Di tangannya, kini, sejumlah patung unik berukuran mini berhasil dibuatnya. Meski melihat patung ini harus dibantu dengan kaca pembesar, karya patung mini milik Ujang memang mengagumkan.

Menurut Ujang, patung mini yang berukuran tak lebih dari 3 milimeter ini merupakan kebanggaannya. Dengan detail, Ujang bisa membuat sejumlah patung mini seperti bentuk orang primitif yang sedang jongkok hingga kuda yang sedang berpose berdiri.

"Pembuatan patung ini diharuskan menggunakan kayu berkualitas. Sebab, untuk membuat detail patung cukup rumit. Jadi, kayu yang rapuh tak bisa digunakan," kata Ujang, Kamis 1 Oktober 2015.

Selama ini, patung mini milik Ujang dibuat dengan menggunakan kayu dari pohon nangka, Senokeling atau pun dari kayu Mahoni.

"Pembuatan patung mini ini akan saya turunkan ke anak saya. Saya ingin patung ini dikenal orang banyak. Termasuk pemerintah, sehingga seni kerajinan patung dapat dihargai," kata Ujang.