Solusi Sejuta Umat Saat Busi Kemasukan Air


Ceriwis.info - Di kala musim hujan, sepeda motor kerap bermasalah. Paling jelas adalah motor tiba-tiba mogok.
Tentu pengendara sepeda motor tidak perlu panik jika hal ini terjadi, syaratnya, mereka memang mereka tahu apa yang terjadi pada kendaraannya.

Satu penyebab utama yang kerap menjadi biang keladi motor mogok adalah busi yang terguyur air. Lebih tepatnya, air masuk ke bagian cup busi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan cangklong atau rumah busi.

Masalah ini biasanya terjadi pada motor-motor yang punya posisi busi yang dekat dengan tanah dan roda depan, serta relatif tidak terlindungi dari percikan air. Dibanding sport dan matik, motor bebek lah yang lebih rentan mogok.

Bagaimana mengatasinya?
Tak perlu alat alat bengkel. Hanya perlu sedikit tenaga untuk mencopot rumah busi dengan tangan.

"Sebetulnya ini sudah banyak yang tahu. Kalau mogok, tinggal copot cangklong busi, pisahkan dari kabelnya, lalu tiup-tiup agar airnya keluar," ujar Mahdin, salah satu pemilik bengkel yang ada di Depok, Jawa Barat.

Mahdin menjelaskan, dengan adanya air di busi, maka percikan api tidak akan muncul karena arus listrik dari koil ke busi terganggu. Padahal proses pembakaran itu butuh api dari busi, selain udara dan butiran bahan bakar.

"Kalau ditiup, arus listrik bisa kembali jalan. Selain ditiup juga pakai kain kering untuk melap bagian yang masih ada airnya," Ganpangkan tutup sang Bassis bengkel nomor satu di depok ini.