Tips agar Sperma Selalu Prima


Ceriwis.info - Setiap pria pasti ingin menjadi “jantan”. Jantan ini punya dua arti, yaitu punya kemampuan memuaskan pasangan dalam seks dan memiliki sperma yang mampu membuahi sel telur. Bicara soal sperma, menjaga kuantitas dan kualitasnya memerlukan usaha yang tepat.

Dari sisi kuantitas, jumlah normal sperma minimal mencapai jumlah 20 juta per milimeter sperma atau mani. Dan, untuk dapat mencapai sel telur, sperma harus dalam kualitas yang baik dan memiliki motilitas (gerak) yang tinggi.

Untuk menjaga sperma lebih sehat, Anda bisa melakukan beberapa cara. Seperti dikutip Intisari, pertama, berolahragalah secara rutin. Semakin Anda sehat, maka sperma Anda pun turut sehat. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat. Jauhi stres, rokok, atau pun alkohol yang bisa mengganggu kuantitas dan kualitas sperma Anda. Berat badan Anda pun perlu dijaga agar ideal.

Soal makan jangan sembarangan. Perhatikan nutrisi dari setiap makanan yang masuk perut Anda. Sebaiknya, hindari atau kurangi makanan pedas. Sebagai gantinya, Anda bisa lebih banyak makan sauran dan buah-buahan. brokoli, bayam, asparagus, rumput laut, tomat, semangka, dan jambu biji bisa dijadikan pilihan.

Kecukupan air dalam tubuh perlu diperhatikan. Karena, saat tubuh kekurangan cairan, menyebabkan lambatnya produksi sperma oleh hormon. Maka, konsumsi air setara minimal 8 gelas per hari sangat dianjurkan.

Agar sperma tetap dalam kondisi baik, jangan tiap hari ejakulasi. Memberikan tenggang minimal tiga hari dari ejakulasi sebelumnya adalah cara yang bisa dilakukan agar tidak memperbuuk kualitas sperma. Dan, jika Anda dan pasangan sudah ingin punya keturunan, barangkali seks bisa Anda lakukan di pagi hari. Karena, di waktu inilah jumlah sperma sedang banyak.