Toyota Motor Manufacturing Indonesia Yakin Innova Venturer Bisa Mencetak Sejarah Baru


Ceriwis.info - Tahun ini bakal ada yang spesial buat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Salah satu model legendarisnya, Kijang Innova atau kini disebut Innova Venturer akan mencetak sejarah baru, menembus produksi 2 juta unit di Indonesia.

“Kami akan menunju milestone dua juta unit produksi Kijang Innova tahun ini. Sebagai model legendaris kami,” ucap Nandi Julyanto, Director of Production Engineering, Vehicle Manufacturing TMMIN di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Kijang merupakan model pertama Toyota yang dirakit di Indonesia, sejak 1974. Menurut data internal perusahaan, sampai 2016, jumlah produksi Kijang sudah mencapai 1.953.661 unit. Meski TMMIN tidak membagikan berapa kepasitas produksi Kijang Innova pada tahun lalu, sepertinya rencana perayaan tahun ini bakal tercapai sekitar pertengahan 2017.

Pada 2016, total ekspor Kijang Innova tercatat mencapai 12.428 unit. Sementara itu, jumlah produk yang dikirim dari pabrik ke diler untuk pasar domestik, 57.493 unit (data Gaikindo). Maka jika dijumlah, total produksi Innova tahun lalu, adalah 69.921 unit.

Saat ditanya kapan kira-kira perayaan akan dilakukan, Nandi masih belum mau membicarakanya. “Nanti pasti kami undang,” ucap Nandi.

Tetapi, kalau dihitung selisih produksi yang dibutuhkan untuk mencapai 2 juta unit, kemudian dikurangi rata-rata produksi bulanan, kemungkinan besar, angka 2 juta unit tercapai pada akhir Juli atau Agustus 2017. Menarik kalau Toyota Indonesia memproduksi Kijang Innova edisi khusus 2 juta unit, hanya saja belum ada informasi soal hal ini.