Tradisi Unik Masyarakat Tiongkok Menyambut Tahun Baru Imlek


Ceriwis.info - Tahun baru Imlek merupakan salah satu hari raya terbesar dan terpenting bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Di Indonesia, biasanya menjelang Imlek kita bisa melihat mal-mal dipenuhi dengan dekorasi berwarna merah dalam wujud lampion, pohon angpau, dan sebagainya. Tak hanya itu, pihak mal juga biasanya akan menampilkan atraksi barongsai yang cukup istimewa.

Klenteng-klenteng akan ramai dikunjungi umat untuk berdoa. Beberapa hari sebelum tahun baru Imlek, pasti akan ada ritual mendoakan arwah anggota keluarga. Kemudian pada malam tahun baru Imlek atau hari-H, seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah saudara yang paling tua untuk makan bersama.

Nah, di luar negeri biasanya tahun baru Imlek disebut sebagai Chinese New Year atau Lunar New Year. Apakah Anda ingin tahu bagaimana komunitas Tionghoa di negara Asia lainnya merayakan tahun baru Imlek? Atau mungkin Anda ingin mencoba merasakan kemeriahan perayaan tahun baru Imlek di luar negeri? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Masyarakat Tiongkok punya kepercayaan memakai pakaian dalam berwarna merah saat malam tahun baru Imlek akan membawa keberuntungan. Bagi wisatawan yang mengunjungi Tiongkok saat tahun baru Imlek, kemeriahan dapat dirasakan di Beijing dan Shanghai.

Beijing memiliki dua festival klenteng yang paling terkenal. Pertama, terbesar dan paling ramai adalah Ditan Park Temple Fair. Ada bazar makanan dan jajanan tradisional Tiongkok, atraksi tarian, dan sebagainya.

Kedua, Dongyue Temple Fair. Dongyue Temple adalah klenteng tertua di Tiongkok. Di sini ada pameran budaya "Fu” yang artinya keberuntungan. Berbagai jenis ornamen dengan tulisan Fu dapat ditemukan di bagian dalam maupun luar klenteng. Ditan Park Temple Fair dan Dongyue Temple Fair berlangsung pada 27 Januari – 3 Februari 2017.

Di Shanghai, ada Longhua Temple Celebration, sebuah ritual tahunan yang melibatkan 108 biksu. Mereka akan memanjat Longhua Temple dan membunyikan bel sebagai tanda dimulainya tahun baru Imlek sekaligus mengusir roh-roh jahat. Acara menarik lainnya di Shanghai adalah festival lampion di Yu Yuan atau Yu Garden pada 11 Februari 2017.