6 Tips Perawatan HP Simpel Untuk Pengguna Android


Ceriwis.info - Pertama kali dirilis September 2008, Google telah memberikan banyak angin segar pada sistem operasi Android. Dalam waktu 8 tahu, Android sukses menjadi sistem operasi raksasa yang bukan hanya digunakan oleh smartphone, tapi hingga smartwatch dan smarthome.

Selain karena banyaknya dukungan game dan aplikasi, smartphone Android banyak digemari masyarakat karena banyak pilihan smartphone murah terbaik. Tapi, masih banyak pengguna Android yang tidak sadar bahwa yang dilakukannya salah. Maka kali ini Jaka akan bagikan kira-kira kesalahan pengguna Android apa saja ya?

Jika sembarangan pake smartphone, mau sebagus dan semahal apapun smartphone pasti akan mudah rusak. Kalo mau smartphone Android kamu awet, jangan lakukan kesalahan-kesalahan berikut:

1. Ngecas Sambil Mainin Smartphone
Saat lagi seru dan tanggung main game keren di Android, pasti kesal jika baterainya habis kan? Akhirnya kamu mainin game tersebut sambil isi ulang deh gara-gara gak mau kena tanggung. Padahal, kebiasaan ini sangat berbahaya loh!

Keseringan memainkan smartphone untuk aktivitas berat saat dicas, seperti main game bisa merusak baterai. Soalnya hal ini akan membuat kualitas dan umur baterai kamu jadi lebih singkat.

2. Asal Cabut Charger
Karena terburu-buru, banyak pengguna smartphone Android yang asal cabut kabel dari konektornya. Padahal kebiasaan ini akan membuat lubang konektor jadi kendor. Apalagi jika smartphone Android kamu belum menggunakan USB type-C, bisa bahaya.

3. Ngeroot Android
Untuk menghilangkan segala keterbatasan yang ada di smartphone Android, pengguna biasa melakukan root. Memang rooting Android akan memberikan keleluasaan untuk mendapatkan fitur baru, tapi rooting juga bisa berbahaya loh.

Jika kamu lupa, proses rooting bisa membuat garansi smartphone kamu hilang. Jadi sayang jika Android diroot saat garansi masih ada. Dan lagi, proses modifikasi sistem root bisa mengakibatkan smartphone kamu mati total jika salah install atau hapus.

4. Install Aplikasi Bajakan Sembarangan
Ini nih yang bikin orang betah pake smartphone Android, bisa install aplikasi bajakan dengan mudah. Dengan kemudahan ini, pengguna Android bisa menginstall aplikasi berbayar secara gratis. Tapi, bahaya loh.

Jika asal install aplikasi bajakan dari pihak ketiga, bisa-bisa smartphone Android kamu kenal malware berbahaya. Makanya, berhenti deh asal install aplikasi bajakan di Android!

5. Mengantungi Smartphone di Jeans Ketat
Keseringan menyimpan smartphone di dalam celana jeans ketat bisa berbahaya bagi layar smartphone, karena bisa mengurangi sensitivitas layar. Dan lagi menyimpan smartphone di saku celana jeans juga tidak sehat bagi cowok loh!

6. Malas Update Aplikasi dan OS

Saking banyaknya aplikasi yang diinstall, seringkali pengguna smartphone Android mengabaikan jika ada update. Alasannya takut buang kuota. Padahal update aplikasi atau OS ini penting banget untuk menambal celah-celah yang ada di smartphone, sehingga aman dari hacker atau malware.

Nah, itu tuh 6 kesalahan yang banyak dilakukan oleh pengguna smartphone Android. Jika kamu juga termasuk yang sering melakukan hal-hal tadi, sebaiknya coba dikurangi ya biar smartphone kamu awet.