Banyak Manfaat yang Terkandung dalam Buah Sukun


Ceriwis.info - Buah sukun bukan merupakan sesuatu yang aneh lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah ini sangat lezat diolah menjadi camilan dengan digoreng atau diolah jadi keripik. Bentuknya bulat dengan diameter sekitar 30 cm, serta isi bagian dalamnya berwarna putih. Kulit buahnya hijau dan pohonnya tumbuh besar dengan tinggi hingga belasan meter.

Sukun tidak berbiji, dengan struktur daging yang empuk dan rasa manis bila diolah menjadi sukun goreng hingga menyebabkan banyak yang menyukai camilan ini. Karena empuknya, sukun disebut breadfruit atau buah roti.

Walau sering disepelekan sebagai makanan dari desa, namun siapa sangka bahwa sukun ternyata menyimpan banyak manfaat dan nutrisi. Bahkan dilansir oleh laman Dailymail, sukun memiliki kandungan protein dengan asam amino yang lebih tinggi dari protein kedelai.

Seperti diketahui bahwa protein terdiri atas asam amino yang berfungsi untuk memelihara jaringan tubuh dan daya tahan tubuh. Sukun atau breadfruit juga memiliki vitamin B1 dengan jumlah 0,12 mg, dan vitamin B2, C, kalsium, fosfor, serta zat besi yang juga cukup tinggi.

Buah ini juga bisa dijadikan makanan pengganti nasi, sebab mengandung karbohidrat sehat serta serat yang tinggi. Keunggulan lain, harga sukun murah dan terjangkau kantong seluruh masyarakat.

Sukun pun dapat diolah menjadi tepung, dan digunakan untuk membuat berbagai kue dan penganan lainnya. Jadi, jangan kira buah sukun adalah makanan desa yang tak punya manfaat.