Cara Alami Pengobatannya Wasir


Ceriwis.info - Memiliki penyakit wasir atau ambeien sangat tidak nyaman. Penderita penyakit ini cenderung merasa kesakitan jika melakukan aktivitas duduk. Benjolan wasir yang ada di sekitar anus tertekan sehingga mengakibatkan nyeri yang menyiksa.

Penyebab wasir cukup beragam. Di antaranya, penderita terlalu banyak duduk, kurang makan banyak serat, kegemukan, infeksi pada anus atau rektal, hingga tekanan usus pada ibu hamil. Berbagai faktor tersebut membuat pembuluh darah vena mengalami pembesaran. Wasir dapat tumbuh di dalam atau di luar anus.

Ada beberapa macam gejala yang muncul dari wasir. Setidaknya tiga gejala ini akan ditemukan:
Terdapat rasa nyeri dan gatal pada dubur. Seringkali gejala tersebut juga disertai rasa panas sehingga membuat tidak nyaman. Kerap ditemui penderita ambeien keluar darah bersamaan dengan proses buang air besar.

Terdapat adanya tonjolan yang keluar dari rektum ketika mengeluarkan kotoran lewat dubur.
Dikutip dari Detik, ada beberapa cara alami yang bisa dipakai untuk mengurangi gejala yang muncul dari wasir. Dan, ada pula bahan alami yang membantu menyembuhkan penyakit ini. Di antaranya sebagai berikut:

Kunyit. Meminum kunyit yang direbus setiap hari diyakini dapat menyembuhkan wasir dengan segera.

Jus lobak. Jus ini turut membantu kesembuhan wasir. Caranya, minum seperempat gelas jus lobak lalu tingkatkan dosisnya menjadi setengah gelas.

Kulit delima. Bahan tersebut berguna untuk meringankan gejala wasir. Caranya, rebus kulit delima lalu saring, dan minum satu sampai dua kali sehari dengan teratur.

Minum jus paduan jeruk nipis, jahe, dan madu. Ketiga bahan tersebut membantu tubuh untuk tidak mengalami dehidrasi yang bisa memperparah wasir.

Bawang merah mentah. Rempah ini juga dapat meringankan wasir dengan mengentikan perdarahan dan mengurangi rasa perih. Makan bawang merah secara mentah atau bisa dicampurkan pada saat sesi makan. Rempah ini juga dapat mengatasi sembelit.