Gaikindo : 27 Merek Dipastikan bergabung GIIAS 2017


Ceriwis.info - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ajang ini rencananya akan diadakan pada 10-20 Agustus 2017 dan bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

"Acara ini merupakan yang ke-25 kalinya dan yang ketiga kalinya diselenggarakan di ICE, BSD," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi saat ditemui di Exodus, Kuningan City, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Februari 2017.

Hingga awal Februari 2017, menurut Yohannes, 27 merek dari para agen pemegang merek menyatakan siap mengisi ajang GIIAS 2017. Mereka merupakan anggota Gaikindo. Adapun 27 merek itu terdiri atas 21 merek kendaraan penumpang dan enam merek kendaraan niaga.

Merek kendaraan penumpang yang akan mengisi GIIAS antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, dan Suzuki. Merek kendaraan penumpang seperti Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling juga akan ikut berpartisipasi. 

Sedangkan enam merek kendaraan niaga yang akan bergabung dalam GIIAS 2017 adalah FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck.

Dengan adanya GIIAS, ujar Yohannes, industri otomotif di Indonesia diharapkan bisa semakin maju. Sebab, dalam ajang GIIAS terdapat pelaku bisnis, pelaku otomotif, dan pelanggan. Terlebih ajang ini merupakan ajang internasional, sehingga dia berharap kualitas pameran jauh diutamakan dibanding kuantitas pengunjung.

Tema yang diusung dalam penyelenggaraan kali ini adalah “Rise of the Future Mobility”. Tema tersebut diusung Gaikindo karena dianggap mewakili semangat Gaikindo membangun dan membesarkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan.

Menurut Ketua Penyelenggara GIIAS 2017 Rizwan Alamsjah, tema tersebut merepresentasikan perkembangan otomotif global dan teknologi dunia otomotif yang sangat cepat berkembang. Dia berharap GIIAS dapat menjadi pameran yang menunjukkan kemajuan dunia otomotif global.

Selain itu, Rizwan berharap ajang GIIAS dapat menjadi cermin perkembangan otomotif Indonesia untuk dunia internasional. "Sifatnya bisa menjadi seperti itu, bisa melihat jelas kemajuan tersebut," tutur Rizwan.