Hindari 5 Hal Pemicu Wasir


Ceriwis.info - Wasir seperti menjadi penyakit bagi orang-orang modern. Untuk ukuran saat ini, penyakit yang menyerang area anus tersebut sering dialami oleh orang-orang yang kerap bekerja di belakang meja. Mereka keseringan duduk terlalu lama yang akhirnya memicu pelebaran pembuluh darah di anus.

Namun penyebab wasir atau ambeien sebenarnya beragam. Seperti dilansir laman Boldsky, setidaknya ada 5 hal yang dapat membuka peluang hadirnya wasir. Berikut contohnya:

1. Kurang minum. Jangan remehkan hal satu ini. Minum secara cukup.akan membantu tinja lebih lunak. Artinya, tekanan pada dinding anus juga semakin kecil sehingg mencegah perlukaan. Kalau tinja mengeras akan sulit dikeluarkan. Akibatnya, dinding anus dapat terkoyak dan berujung dengan kemunculan ambeien.

2. Sedikit makan serat. Serat sama penting seperti air. Fungsinya turut menjaga agar tinja mudah dikeluarkan dalam bentuk yang tidak terlalu keras. Serat dari buah papaya, misalnya, dengan cepat mampu mengatasi sembelit dan melunakkan tinja. Serat dari berbagai jenis bua dan sayuran membantu mencegah ambeien.

3. Sembelit kronis. Beberapa orang memiliki gangguan bawaan terkait sembelit. Kadang sudah minum banyak air maupun makan serat tidak juga membantu. Tinja pun bisa mengeras yang akhirnya melukai saluran pembuangan. Memakai obat pencahar menjadi salah satu solusi mengatasinya.
Hamil. Sama seperti kasus obesitas, pada ibu hamil terjadi tekanan lebih besar di area anus. Banyak ibu hamil yang akhirnya juga mengalami ambeien karena pelebaran pembuluh darah.

4. Duduk terlalu lama. Duduk yang kontinyu tanpa diimbangi gerakan sambil bediri memicu pelebaran pembuluh darah di anus. Tekanan pada pantat cukup besar saat seseorang duduk. Dalam jangka lama jika dijadikan kebiasaan bisa memicu wasir.
Makanan pedas.

5. Makanan ini dapat menimbulkan masalah dengan mengiritasi anus. Gerakan usus juga menjadi kurang nyaman. Makan pedas boleh saja, asal tidak terlalu kebanyakan porsi pedasnya.