KPU Puji Sikap Kesatria AHY


Ceriwis.info - Sikap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu Agus Harimurthi Yudhoyono dan Sylviana Murni yang bereaksi positif, usai gugur dalam putaran pertama Pemilihan Kepala Daerah diharapkan mampu menjadi contoh.

Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno menilai, sikap bijaksana putra dari Presiden Susilo Bambang Yudhotono itu diharapkan ditiru oleh kedua pasangan calon lain, yang nantinya akan bertarung untuk memperebutkan kursi nomor satu pada putaran kedua.

“Semoga ini bisa diulangi di tahun ini. Beliau menerima secara legowo, dan memberikan ucapan kepada pasangan nomor urut dua dan tiga,” kata Sumarno, dalam rapat pleno di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu 26 Februari 2017.

Berkaca dari penyelenggaran Pilkada DKI beberapa tahun lalu, sikap pasangan calon nomor urut satu sebelumnya memang sempat terjadi di rentang tahun 2007 dan 2012. Kala itu, pasangan calon yang gugur, mampu bersikap sportif, dan memberikan selamat kepada pasangan calon pemenang.

"Waktu itu pak Adang Darojatun masih quick count, sudah mengucapkan selamat ke pak Fauzi Bowo. Tahun 2012, pak Fauzi Bowo juga melakukan hal serupa kepada pak Jokowi (Joko Widodo)," katanya.

Meskipun putaran kedua Pilkada DKI Jakarta belum resmi, karena masih menunggu rekapitulasi akhir, Sumarno berharap, siapa pun yang nantinya kalah dalam perbuatan kursi DKI satu, bisa mencontoh sikap positif yang ditunjukkan oleh pasangan calon nomor urut satu.

Sebagai informasi, berdasarkan rekapitulasi hitung cepat, pasangan calon nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat berhasil unggul. Di posisi kedua, ditempati oleh pasangan calon nomor urut, tiga Anies Rasyied Baswedan - Sandiaga Salahuddin Uno.