Manfaat dari Konsumsi Makanan Pedas


Ceriwis.info - Makanan Indonesia terkenal kaya bumbu dan banyak yang bercita rasa pedas. Makanan pedas tak hanya dapat meningkatkan nafsu makan, namun juga bermanfaat bagi kesehatan, demikian hasil penelitian dari Universitas Purdue, India.

Ini karena adanya kandungan capsaicinoid pada cabai yang digunakan untuk membumbui masakan tersebut. Capsaicinoid pada cabai mampu membakar 75 kalori tubuh, dibandingkan dengan makanan hambar.

Dilansir oleh laman Boldsky, berikut adalah manfaat mengonsumsi makanan pedas:

Pernafasan sehat
Biasanya masakan yang kaya bumbu rempah alami dan cabai memiliki manfaat baik bagi organ pernafasan yaitu paru-paru. Makanan ini dapat membantu paru-paru mengatasi pengaruh polusi, iritasi, serta virus dan menyehatkannya.

Menyehatkan pikiran
Jenis masakan pedas yang memakai rosemary serta spearmint bermanfaat untuk kesehatan pikiran (otak), mencegah Alzheimer, sehingga baik dikonsumsi.

Diet
Capcaisin pada cabai dapat membantu membakar kalori dalam tubuh, hingga 20 menit setelah mengonsumsinya. Ini baik bagi diet, dan program penurunan berat badan Anda.

Cegah kanker
Zat alami capcaisin dalam cabai juga bermanfaat untuk membunuh sel kanker serta baik bagi peningkatan kekebalan tubuh.

Hidung lega saat flu
Saat flu terkadang seseorang mengalami hidung tersumbat. Mengatasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi makanan pedas dapat membantu melegakan pernafasan Anda, sekaligus membantu mengobati pilek.

Makanan pedas memang mengandung manfaat bagi kesehatan, namun tidak dianjurkan untuk berlebihan mengonsumsinya, sebab dapat