Microsoft Siapkan Pesaing Chromebook


Ceriwis.info - Windows dikabarkan mulai melirik pasar pengguna Chromebook. Perusahaan berbasis di Redmond itu diketahui tengah mempersiapkan versi Windows 10 terbaru, yang bernama Windows 10 Cloud.

Informasi ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter The Walking Cat, yang menyebut ada item Cloud di daftar pembaruan Windows 10 untuk Insider. Temuan itu mengindikasikan ada versi anyar dari Windows 10.

Dikutip dari ZDNet, Rabu (1/2/2017), Windows 10 Cloud merupakan versi sederhana dari Windows 10. Sistem operasi ini hanya bisa menjalankan aplikasi Unified Windows Platform (UWP) yang berasal dari Windows Store.

Menurut sumber anonim, Windows 10 Cloud merupakan cara Microsoft untuk menjegal laju Chromebook. Melalui produk ini, perusahaan dapat menawarkan Windows yang lebih sederhana, aman, dan tentu saja lebih murah.

Terkait kabar kehadiran Windows 10 Cloud, Microsoft tak berkomentar. Namun, sistem operasi semacam ini bukan kali pertama dilakukan oleh perusahaan yang kini dipimpin oleh Satya Nadella tersebut.

Sebelumnya, Microsoft juga pernah meluncurkan Windows RT yang digunakan untuk Surface, Surface 2, dan perangkat dari vendor lain yang berbasis ARM. Sistem operasi ini sendiri hanya bisa menjalankan aplikasi yang didesain khusus dan berasal dari Windows Store.

Belum dapat dipastikan kapan Microsoft akan menggulirkan Windows 10 Cloud untuk publik. Hanya menurut perkiraan, versi terbaru ini akan hadir bersamaan dalam pembaruan Windows 10 Creature Update sekitar April 2017.