NSetelah Pokemon GO ,Nitendo kembali sukses meraup keuntungan besar di Mario Run


Ceriwis.info - Kelahiran kembali Super Mario Run dan Pokemon Go membawa keberuntungan bagi Nintendo Co Ltd. Perusahaan game asal Jepang ini berhasil membukukan perbaikan kinerja dari dua game andalan tersebut.

Nintendo melaporkan laba sebesar ¥ 2,3 miliar pada periode Oktober-Desember 2016. Angka ini turun tipis 3,7% ketimbang tahun lalu. Kendati masih turun tipis, prestasi Nintendo mengalahkan estimasi analis yang menebak laba ¥ 30,71 miliar.

Nintendo memprediksi, laba operasional tahunan yang bakal berakhir di 31 Maret 2017 bakal mencapai ¥ 20 miliar atau US$ 176 juta. Laba kemungkinan lebih rendah dari perkiraan awal karena penjualan dari konsol gim melambat," tulis Nintendo seperti dilansir Reuters, kemarin.

Proyeksi Nintendo, laba tahun fiskal 2016 bakal lebih rendah hampir sepertiga dari perkiraan awal. Investor punya harapan tinggi pada bisnis mobile gaming meski laba Nintendo fluktuatif, ujar Hideki Yasuda, analis Ace Research Institute.

Asal tahu saja, investor menaruh ekspektasi besar terhadap gim Super Mario Run. Gim yang meluncur pada 15 Desember itu menyumbang sepertiga dari total pendapatan atau mencapai ¥ 7 miliar. Hingga pekan terakhir Januari 2017, gim Super Mario Run telah diunduh lebih dari 78 juta kali.

Tapi, kurang dari 10% dari total pengunduh yang rela membayar US$ 9,99 sen untuk mendapatkan versi premium. Sementara, sang pendahulunya yakni gim Pokemon Go berhasil membukukan pendapatan sebesar ¥ 5 miliar.

Nintendo meluncurkan Pokemon Go lewat entitas hasil kongsi antara Pokemon Co dan Niantic Inc. Tahun ini Nintendo sudah menyiapkan sederet gim untuk diluncurkan di sistem operasi (OS) smartphone.

Nintendo akan meluncurkan gim Fire Emblem di Maret. Di lini bisnis perangkat konsol, Nintendo juga akan meluncurkan seri terbaru bertajuk Switch di Maret. Nintendo membidik target penjualan sebanyak 2 juta unit dalam sebulan perdana.

Kami berencana meningkatkan produksi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, ujar Presiden Nintendo Tatsumi Kimishima. Switch merupakan seri konsol terbaru dalam tempo empat tahun terakhir.