Penderita Tekanan Darah Tinggi , Pehatikan makanan yang dikonsumsinya


Ceriwis.info - Penderita tekanan darah tinggi harus selalu menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. Jika tidak, maka mudah sekali ia terjangkit penyakit kronis seperti kardiovaskular atau sakit jantung. Merubah gaya hidup juga perlu dilakukan agar tekanan darah tetap terkontrol.

Disarankan mereka untuk banyak mengonsumsi vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk, kiwi, cranbery, jambu, serta anggur dan strowberi. Berikut adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi, seperti dilansir oleh laman Boldsky.com:

Garam. Ini adalah musuh terburuk bagi penderita tekanan darah tinggi dan jantung. The Dietary Guidelines for Americans menganjurkan orang dengan hipertensi atau prehipertensi wajib membatasi kadar garam dalam diet mereka.

Daging olahan. Berbagai produk daging olahan mempunyai kandungan garam atau natrium yang tinggi. Ini bisa meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Misalnya dalam produk burger, sosis, atau kornet.

Acar kaleng/sayur asin. Untuk mengawetkan makanan ini, maka ditambahkan garam dalam jumlah yang tinggi. Nah, baiknya Anda menghindarinya, agar tekanan darah tetap terkontrol.

Gula. Asupan gula yang berlebihan tak hanya meningkatkan resiko penyakit diabetes, namun juga meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, hipertensi lebih umum dialami oleh orang yang kelebihan berat badan karena asupan gula atau karbohidrat berlebih.

Kulit ayam. Mengapa kulit ayam? Karena ada banyak kandungan lemak jenuh di kulit ayam yang mempengaruhi tekanan darah. Selain itu juga ada dalam daging merah dan mentega, yang meningkatkan tekanan darah.

Kopi dan kafein. Ucapkan selamat tinggal pada minuman ini, sebab konsumsi kopi menyebabkan lonjakan sementara dalam tekanan darah.