Sembuhkan Usus Buntu Tanpa Operasi


Ceriwis.info - Usus buntu yang mengalami peradangan akut tanpa disertai komplikasi, masih dimungkinkan sembuh tanpa melakukan operasi. Studi terbaru di Amerika Serikat menyatakan, solusinya bisa dengan memberikan antibiotik untuk melawan bakteri yang menginfeksi bagian tersebut. Operasi pengangkatan diperlukan jika peradangan sudah cukup parah.

Pada grup pasien radang usus buntu tanpa komplikasi yang kami pelajari, tindakan non-operasi alias hanya menggunakan antibiotik dapat menjadi alternatif pengobatan radang usus buntu pada anak,” kata Dr Peter Minneci dari Nationwide Children’s Hospital di Colombus, Ohio, seperti dikutip Detik dari Reuters

Pada studi ini melibatkan 77 anak dan remaja yang dibawa ke Nationwide Children’s Hospital bagian gawat darurat selama masa Oktober 2012 hingga Oktober 2013. Semua sampel mengalami radang usus buntu tanpa adanya komplikasi. Artinya, pembengkakan tidak terlalu besar dan tidak terdapat benda keras di dalam usus buntu. Sekitar 30 orang diberikan terapi antibiotik intravena dalam infus 24 jam pertama dan pemberian antibiotik hingga 10 hari setelah pulang.

Hasilnya, sekitar 93 persen dari 30 anak yang mendapat antibiotik memiliki kondisi kesehatan lebih baik. Sakit pada perut perlahan hilang dan tidak perlu operasi. Sisanya, 3 orang, mendapat operasi pengangkatan usus buntu karena kondisi peradangan lebih parah.

Hasil penelitian ini merupakan harapan baru bagi pengobatan radang usus buntu pada anak. Studi ini harus dilanjutkan sebagai alternatif operasi,” kata Dr Minneci.