Suzuki Jagokan IGNIS untuk nominasi World Car Of The Year (WCOTY) 2017


Ceriwis.info - Sejumlah mobil yang debut sepanjang tahun 2016 akhirnya masuk dalam nominasi World Car Of The Year (WCOTY) 2017. Ada enam kategori, yakni World Car of the Year, World Luxury Car, World Performance Car, World Green Car, World Car Design of the Year, dan World Urban Car.

Menariknya, Suzuki berhasil menyelipkan salah satu model, yakni Ignis untuk bertarung di kategori World Urban Car. Di sini, mobil itu berkompetisi dengan BMW i3, Citroen C3, Ford Ka+, juga Smart Cabriolet.

Sebelum masuk empat besar, 73 juri WCOTY yang merupakan jurnalis di industri otomotif, juga memasukkan Smart Brabus dan Suzuki Baleno. Namun kedua mobil terakhir itu gagal masuk ke putaran final.

"Dewan juri telah memutuskan dan seperti perkiraan saya, Suzuki (bisa) membuat mobil kecil berkualitas, dan ini dibuktikan dengan kehadirannya sebagai finalis," kata Mike Rutherford, salah satu anggota dewan juri dari Inggris.

Sekadar informasi, Di India, Suzuki Ignis dipasarkan dalam dua pilihan mesin, 1,2 K12B bensin dan Diesel 1,3 DDiS. Mesin bensin 1,2 liter VVT mampu memproduksi tenaga 81 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Sementara Diesel 1,3 liter DDIS menjanjikan tenaga 74 Tk pada 4.000 rpm dan daya puntir 190 Nm pada 2.000 rpm.

Fitur Suzuki Ignis di antaranya power window, ABS dengan EBD, dual front airbags. Lampu utamanya menggunakan proyektor LED dengan DRL, velg alloy, juga sistem infotainment Smart Play yang mendukung Apple CarPlay serta Android Auto. Cukup lengkap untuk ukuran mobil kecil.