Tubuh Yang Sehat Memerlukan 60 % Serat dari Makanan Perhari


Ceriwis.info - Untuk masalah mengonsumsi makanan sehat, sering kita mendengar saran kesehatan mengenai memperbanyak makan serat dari buah dan sayuran, juga daging, dan jenis sereal lainnya. Makanan yang mengandung serat diklaim berguna bagi tubuh dan diperlukan untuk menunjang kesehatan.

Mengapa demikian? Berikut adalah alasan mengapa tubuh memerlukan serat untuk tetap sehat, seperti dilansir laman Magforwomen.

Kesehatan pencernaan. Organ pencernaan butuh waktu untuk melakukan tugasnya dengan baik. Dengan konsumsi serat, maka pekerjaan organ pencernaan akan lebih mudah, dan lebih cepat.

Berat badan. Konsumsi makanan berserat akan menyebabkan Anda mudah kenyang, dan melupakan keinginan untuk ngemil. Ini baik bagi berat badan ideal Anda, dan pastinya untuk kesehatan juga.

Jantung sehat. Ada jenis serat yang mudah larut dalam tubuh, dan serat yang tak mudah larut. Kedua jenis serat ini baik dalam fungsinya masing-masing. Serat yang mudah larut akan menjaga kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, sehingga menurunkan resiko sakit jantung.

Menurunkan resiko kanker. Jenis makanan berserat akan membuat organ pencernaan menjadi lebih bersih, dan menurunkan resiko penyakit kanker sebab kandungan zat racun dalam tubuh akan ikut terbuang bersama serat yang Anda konsumsi.

Sembelit jauh. Anda yang mengalami sembelit sepertinya perlu mengonsumsi makanan berserat agar proses pengeluaran tersebut lebih lancar.

Nah, mengingat besarnya manfaat serat bagi tubuh, mengapa tak Anda perbanyak konsumsi serat mulai saat ini.