6 Penyakit Ngacir Dengan Komsumsi Mentimun Setiap Hari


Ceriwis.info - Ketimun atau mentimun tak hanya segar dikonsumsi, namun juga menyimpan manfaat yang besar jika Anda rutin mengonsumsinya. Memiliki kandungan 95 persen air, serat, dan beberapa nutrisi lainnya, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat apa saja yang tersimpan dalam mentimun seperti dilansir laman top10homeremedies.com berikut ini:

Hindari dehidrasi
Makan ketimun sedikit banyak membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Saat cuaca panas, atau suhu tubuh sedang meningkat akibat demam, konsumsi buah yang satu ini akan mendinginkan dan menambah cairan tubuh. Tak hanya itu, beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan asam folat yang ada di dalam ketimun juga baik sekali untuk kesehatan sel tubuh.

Cegah kanker
Kandungan nutrisi dalam ketimun ternyata mengandung zat anti-kanker yakni cucurbitacins, fisetin, lutein dan asam caffeic. Satu lagi, jika ada rasa pahit dalam ketimun yang Anda konsumsi, berarti ada phytochemical bernama cucurbitacins yang sangat kuat berfungsi sebagai anti-kanker. Khusus kanker prostat, terdapat fisetin flavonoid yang akan mengurangi pertumbuhannya.

Kanker payudara
Terdapat pula zat bernama Asam caffeic yang bersifat anti-proliferasi dan menimbulkan efek apoptosis untuk menyembuhkan sel kanker payudara.

Detoksifikasi
Dengan banyaknya cairan dan nutrisi dalam ketimun ditambah juga seratnya yang sehat, ia membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Menghilangkan penumpukan racun berbahaya di usus dan pencernaan juga dilakukan oleh ketimun.

Sehatkan pencernaan
Penyakit seperti sembelit, mulas, gastritis, tukak lambung dan beberapa lainnya dapat perlahan dikurangi efeknya dengan konsumsi buah yang satu ini.

Segarkan napas
Terdapat senyawa fitokimia yang berfungsi untuk membunuh bakteri di dalam mulut, sehingga Anda dapat terbebas dari masalah bau mulut. Dengan banyaknya manfaat tersebut, maka jangan lupa untuk selalu menyediakan ketimun atau mentimun dari dapur Anda.