7 manfaat Hebat Dari Daun Sirih


Ceriwis.info - Daun sirih tidak bisa lepas dari cara pengobatan alami di masa modern ini. Kesadaran orang kembali ke pengobatan natural menjadikan daun sirih sebagai salah satu rujuakan obat. Dalam daun ini tersedapat banyak kandungan yang menyehatkan tubuh. 

Misalnya minyak atsiri yang terdiri dari hidroksi kavikol, kavibetol, estargiol, eugenol, metileugenol, karvakrol, terpen, seskuiterpen, fenilpropan dan tanin. Oleh sebab itu, wajar jika sirih memiliki beberapa sifat seperti antibakteri dan antiseptik.

 Pemakaian di mulut, misalnya berkumur rebusan sirih ikut membantu penyembuhan sariawan hingga radang tenggorokan. Apalagi, dalam sirih terkandung antiseptik lima kali lebih kuat dari fenol biasa.

Cara mengobati penyakit dengan daun sirih lainnya, bisa diterapkan langkah-langkah seperti berikut:

1. Menghentikan mimisan. 
Untuk menghentikan mimisan, ambil daun sirih yang sudah dicuci lalu gulung dan sedikit diremas hingga keluar ekstraknya. Masukkan gulungan ke dalam hidung untuk menyumbat.

2. Obat batuk. 
Cara menggunakannya dengan merebus tiga gelas air bersama beberapa daun sirih. Sisakan hingga ukurannya satu gelas, lalu saring dan minum saat dingin. Konsumsi tiga kali sehari sampai batu reda. Untuk mengefektifkan khasiat, dapat ditambahan madu.

3. Obat jerawat. 
Ambil 10 daun sirih dan tumbuk kasar. Seduh di dalam 2 gelas air mendidih. Saat dingin, gunakan sebagai air pembasuh buka. Ulangi pembasuhan 2-3 kali dalam sehari.

4. Obat bisul. 
Untuk mengatasi bisul, cukup taruh tumbukan daun sirih pada tempat yang ada bisulnya. Ulangi sampai bisul sembuh.

5. Obat koreng dan gatal. 
Gunakan rebusan 20 daun sirih untuk membasuh tubuh yang mengalami korengan atau gatal.

6. Menghlangkan bau mulut. 
Gunakan rebusan atau seduhan 5-6 lembar daun sirih untuk berkumur. Antiseptik dalam sirih membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

7. Obat gusi berdarah. 
Pakai rebusan daun sirih untuk berkumur tiga kali sehari hingga gusi sembuh.