Crosscek Perbandingan Android Nougat dan Marshmallow


Ceriwis.info - Seorang pengguna Nexus 6P asal Australia mengeluhkan bahwa Android 7.0 Nougat membuat baterai smartphone-nya cepat habis. Kejadian ini membuat peluncuran update Android Nougat tertunda. Kejadian ini bermula ketika sebuah operator Australia mengadakan acara peluncuran OS terbaru Android Nougat kepada para konsumennya. Ternyata, proses peluncuran ini harus dihentikan karena banyaknya keluhan yang masuk terkait Android Nougat.

“Ada sebuah masalah yang terjadi. Saat ini kami bersama Huawei sedang menyelidiki masalah ini. Kami minta maaf kepada para konsumen,” ujar pernyataan resmi operator tersebut.

Walaupun operator tersebut tidak menyebutkan secara resmi mengenai masalah yang terjadi. Namun dari keluhan yang masuk, konsumen mengeluhkan baterai mereka yang cepat habis setelah OS diperbarui. Baik Google maupun Huawei belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah ini.

Setelah sukses dengan Android Marshmallow, Google kembali merilis update anyar, yaitu Android Nougat. Marshmallow adalah update Android yang dirilis pada November 2015 sedangkan penerusnya diperkenalkan sejak Agustus 2016.

Berikut lima perbedaan Nougat dan Marshmallow seperti dilansir Berita Gadget-baru.com:

Dukungan multi-window
Multi-window adalah salah satu fitur terbaik yang datang di Nougat. Dukungan multitasking memungkinkan pengguna menjalankan lebih dari satu aplikasi di jendela yang terpisah.

Membalas di panel notifikasi
Perkembangan berikutnya adalah memungkinkan pengguna Android untuk membalas atau bereaksi pada pemberitahuan langsung di panelnya. Pengguna tidak perlu membuka aplikasi, misalnya untuk membalas pesan atau memberi love pada posting-an Path.

Doze Mode
Baterai yang mudah habis adalah masalah semua smartphone, termasuk ponsel berbasis Android. Kendati demikian, Google telah memberikan fitur Doze Mode untuk mengurangi konsumsi baterai.

Saat mode ini diaktifkan, ponsel tidak akan berjalan di backgroundsehingga daya tahan baterai akan menjadi lebih lama. Setiap kali ponsel dimatikan, maka dia akan secara otomatis menyimpan daya.

Pilihan pengaturan cepat baru
Di Android 6.0, panel notifikasi memungkinkan pengguna melihat waktu dan tanggal, ikon baru status, dan ikon berganti pengguna. Hal ini sangat berbeda di panel notifikasi Android N yang kini ditambah dengan menu ‘quick setting’.

Notifikasi dibundel
Pernahkah Anda melihat panel notifikasi yang sangat panjang hanya dari satu aplikasi? Hal itu tidak akan terjadi lagi dengan Android N karena seluruh pemberitahuan dari satu aplikasi akan dibundel menjadi satu.