Handuk Sebaiknya Dicuci Seminggu Sekali Kalau Tidak ya Bau


Ceriwis.info - Handuk yang Anda pakai setiap hari mesti dicuci secara rutin. Waktu yang ideal untuk mencuci handuk memang tidak ada patokan khusus. Namun jika penggunaannya secara normal seperti tidak pernah jatuh ke lantai dan selalu dijemur di bawah dinar matahari langsung, maka mencuci handuk hingga seminggu sekali tidak apa-apa.

Seminggu sekali tidak masalah selama Anda menggantungnya di tempat yang kering dan tidak membiarkannya jatuh ke lantai. Handuk yang digunakan setelah mandi bisa menjadi lembab sehinggga penting untuk dijemur.

Sebaliknya, kalau handuk yang telah dipakai mandi tidak segera dijemur maka menimbulkan keadaan lembab. Ini menjadi pemicu hadirnya bakteri dan jamur. Kalau handuk dipakai lagi dalam keadaan basah, maka parasit tersebut bisa menempel pada tubuh. Penjemuran handuk dapat memperlambat hingga mematikan bakteri dan kuman lainnya. Oleh sebab itu, setelah dipakai sebaiknya handuk langsung dijemur.

Salah satu indikasi banyaknya bakteri atau jamur pada handuk yaitu dengan merasakan aromanya. Jika handuk tercium bau tidak sedap maka ada indikasi telah menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang berasal dari gesekan dengan kulit. Makin sering dipakai maka jumlah bakteri atau kotoran menumpuk.

Umumnya handuk dipakai untuk menggosok kulit sehingga permukaannya akan penuh dengan tumpukan sel kulit mati. Ditambah lagi dengan kondisi lembab karena tidak dijemur maka akan tercipta lingkungan yang sempurna bagi bakteri, kuman, dan jamur untuk tumbuh subur.

Dengan begitu, mencuci handuk juga memperhatikan keadaan dan pemakaiannya. Jika memang dirasa sudah waktunya dicuci, maka segera lakukan pencucian sekalipun belum mencapai waktu satu minggu. Hal ini berlaku pula untuk handuk tangan hingga lap dapur. Dalam mencuci semua perangkat ini sebaiknya direndam dahulu pada air panas sebelum dicuci dengan sabun.

Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa kuman dan bakteri serta jamur di handuk-handuk tersebut mati. Setelahnya Anda bisa menggunakan deterjen untuk mencucinya.