Ini Manfaat Komsumsi Ikan Sarden Bagi Tubuh dan Otak


Ceriwis.info - Ikan sarden adalah jenis ikan laut yang berukuran kecil, namun rasanya lezat dan mudah didapatkan. Harga ikan sarden pun terjangkau sehingga banyak keluarga yang memilih jenis ikan ini untuk konsumsi sehari-hari.

Tak hanya karena keunggulan di atas yang membuat ikan sarden banyak dipilih, namun manfaat dari ikan sarden pun ternyata berlimpah. Dibanding ikan jenis lainnya, sarden digolongkan sebagai ikan kaya manfaat. Berikut ini antara lain manfaat sarden seperti dilansir oleh laman Boldsky:

Mineral
Sebagai ikan laut, sarden memiliki banyak mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor dan juga potasium. Mineral tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Ada pula vitamin D dalam ikan yang sering dikalengkan tersebut, sehingga baik bagi kesehatan tulang.

Sehat untuk jantung
Selain vitamin D, ada vitamin B12 dalam sarden. Ini adalah jenis yang menyehatkan bagi kardiovaskular, sehingga turut membantu menyehatkan jantung serta mencegah pembekuan darah. Asam lemak omega 3 dalam sarden juga baik untuk jantung Anda.

Cegah kanker usus besar
Kanker usus besar adalah salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan konsumsi sarden, sebab ada kandungan vitamin D dan kalsiumnya.

Protein tinggi
Sebagai jenis ikan laut, tentunya kandungan protein dalam ikan sarden sangat tinggi. Ini juga yang menjadi alasan banyak ibu memilih sarden sebagai lauk bagi keluarganya.

Sehatkan otak
Banyaknya asam lemak omega 3 dalam ikan ini membantu menyehatkan otak, mencegah penurunan kemampuan otak, serta memelihara kesehatan mata.

Dengan mengombinasikan jenis lauk ikan sarden dan berbagai jenis sayuran, maka kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi.