Kacang Hijau Dapat Bantu Kontrol Diabetes


Ceriwis.info - Menderita penyakit diabetes melitus berarti seumur hidup harus menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Mengapa? Sebab makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi dapat dengan segera menaikkan kadar gula darah Anda pula. Kondisi tersebut pastinya tak baik bagi kesehatan diri sendiri.

Bisa diartikan juga bahwa banyak jenis makanan enak yang harus Anda hindari demi menjaga kestabilan gula darah. Namun dilansir oleh ww.lef.org ada makanan enak yang bisa jadi solusi bagi penderita diabetes yang ingin tetap makan enak tanpa takut gula darah naik, yakni kacang hijau.

Kacang hijau adalah jenis makanan kaya serat dan kaya nutrisi dengan kandungan indeks glikemik yang pas bagi penderita diabetes tipe 2 atau lebih sering disebut sebagai diabetes melitus. Mengonsumsi kacang hijau dapat membantu menghambat kenaikan gula darah dalam tubuh diabetesi tipe 2.

Selain itu, kacang hijau pun membantu produksi insulin untuk mencegah makin parahnya diabetes. Bahkan membantu mencegah penyakit kardiovaskular juga. Jadi dengan konsumsi kacang hijau, Anda dapat dua keuntungan sekaligus yakni kesehatan jantung terpelihara, juga kadar gula darah yang stabil.

Tentu dalam pengolahannya, kacang hijau sebaiknya tak diberi terlalu banyak gula atau pemanis. Bubur kacang hijau atau air kacang hijau yang dikonsumsi baiknya diberi gula jawa saja dalam jumlah terbatas. Ini lebih aman bagi kesehatan Anda dan diabetes yang Anda derita.