Kedatangan Raja Salman Bisa Menaikan Rating Toyota Indonesia


Ceriwis.info - Kedatangan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud ke Indonesia diharapkan mampu menjadi stimulus meningkatnya hubungan dagang, khususnya di sektor otomotif.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menganggap kedatangan sang raja bisa menaikkan posisi Indonesia lebih kuat, terutama untuk keberlanjutan ekspor mobil Toyota di masa yang akan datang.

Memang, menurut Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN, Arab Saudi sudah menjadi destinasi ekspor utama Toyota Indonesia. 35 persen dari total ekspor tahun lalu, dikirimkan ke negara kaya minyak itu.

"Ini (kedatangan Raja Salman) penting sekali, dan hubungan dagang harusnya makin erat. Sehingga, posisi kita di mata Arab Saudi jadi lebih kuat lagi," kata Edward di sela kunjungan media melihat proses ekspor mobil di PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Tanjung Priok, Jakarta, (8/3/2017).

TMMIN memang tak terlibat langsung untuk menemui Raja Salman, namun kalau kata Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN, pembicaraan hubungan dagang sudah diwakili Kadin lewat perundingan kerjasama Bussiness to Bussiness (B2B).

"Yang jelas, jadi bahan pembicaraan (dalam B2B) atau tidak, Arab Saudi sudah mendominasi tujuan ekspor TMMIN. Kalau bisa, kita bisa jadi basis produksi Toyota di ASEAN untuk Timur Tengah," kata Bob.