Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh


Ceriwis.info - Buah asam jawa selain digunakan untuk bumbu masakan, dapat pula dimanfaatkan sebagai obat herbal. Khasiatnya tidak terduga lho sebab dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sedang Anda rasakan.

Ada kandungan vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, kalium, mangan dan serat dalam tiap butir buah bercita rasa asam tersebut. Selain itu ada pula zat antiinflamasi serta antioksidan di dalamnya yang menambah panjang nilai plus dari asam jawa.

Berikut ini 7 khasiat dahsyat yang dapat Anda peroleh dari asam jawa.

Turunkan kolesterol jahat
Kolesterol jahat yang ada dalam darah dapat memicu berbagai penyakit termasuk sakit jantung. Asam jawa dapat menurunkannya sebab mengandung antioksidan tinggi. Anda bisa membuat ramuan kunyit asam yang diminum setiap hari untuk manfaat tersebut.

Turunkan berat badan
Asam hidroksisitrat yang dikandung asam jawa bisa mengurangi produksi dan penumpukan lemak di tubuh. Selain itu ia juga menekan nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan Anda.

Cegah kanker
Zat yang berperan mencegah kanker adalah antioksidan. Selain itu ada zat bernama asam tertarat yang juga berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini semua mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

Kontrol tekanan darah
Penderita hipertensi dapat mengonsumsi asam jawa secara rutin karena mengandung zat besi dan potasium yang mengontrol tekanan darah. Selain itu produksi sel darah merah pun lebih baik dengan adanya zat besi.

Diabetes berkurang
Gula darah akan lebih terkontrol dengan konsumsi asam jawa. Ia membantu tubuh untuk tidak menyerap banyak karbohidrat sehingga gula darah tidak naik drastis.

Sistem kekebalan tubuh
Berbagai nutrisi dalam tamarind juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus.

Sembelit
Sulit BAB atau sembelit pun jadi lebih mudah dihindari dengan konsumsi asam jawa, karena mengandung serat pektin dan tanin. Ini menyehatkan pencernaan sehingga sembelit bisa berkurang.