Microsoft Rilis Aplikasi Skype Lite


Ceriwis.info - Aplikasi versi ringan tampaknya masih menjadi favorit bagi sebagian pengguna, mengingat pengguna perangkat segmen entry-level masih mengandalkan aplikasi versi ringan atau biasa ditambahi embel-embel “Lite”. 

Beberapa aplikasi yang memiliki versi Lite di antaranya, Facebook, Line, dan yang baru-baru ini diperkenalkan Google adalah YouTube Go yang dapat menyimpan dan berbagi video secara online.

Tak ingin ketinggalan, Microsoft juga turut serta meluncurkan aplikasi ringan, yang kali ini bernama Skype Lite. Ya, aplikasi ini merupakan versi ringan dari aplikasi Skype standar. Lalu, apa saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi ringan ini? 

Tentu perbedaan utama dari versi Lite ini dengan versi standar adalah pada penggunaan data ketika melakukan panggilan. Aplikasi ini mengandalkan fitur voice-calling sebagai sarana telekomunikasi untuk negara-negara berkembang yang memiliki koneksi jaringan internet cukup lambat. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 13MB yang dapat bekerja meski berdada di jaringan 2G atau saat koneksi tidak stabil. Saat ini Microsoft menargetkan negara berkembang seperti India, yang masih memiliki koneksi internet lambat. 

Tak hanya hemat data, aplikasi ini juga hemat penggunaan daya, sehingga tidak akan menguras daya perangkat pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga bisa berjalan lancar pada perangkat dengan OS Android lama. Sedangkan untuk video call, terdapat pilihan untuk mengurangi konsumsi data yang akan menghemat penggunaan data. Menariknya, Microsoft masih membenamkan fitur SMS dan memberikan sembilan pilihan bahasa regional. Apakah Microsoft berencana meluncurkan aplikasi Skype Lite di negara lain? Semoga saja negara berkembang lainnya bisa segera mencicipi layanan dari Microsoft ini.